SELAMAT DATANG DI BLOG NYA MAS GUGUH....JANGAN LUPA ISI BUKU TAMU DAN TINGGALKAN KOMENTAR YA...!!!

08 September, 2009

Majenang Kota Kecil Proinvestasi


MAJENANG merupakan sebuah kota kecil yang berupa kecamatan di Kabupaten Cilacap. Tepatnya berada di kawasan Cilacap bagian barat. Posisi kota ini berbatasan sebelah timur dengan Kecamatan Cimanggu, sebelah barat dengan kecamatan Wanareja; sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Brebes (Salem) sedangkan sebelah selatan berbatasan dengan kecamatan Sidareja, Cipari. Kota kecil ini merupakan jalur tengah provinsi dan dijadikan jalur mudik.

Secara geografis kecamatan Majenang terdiri dari kawasan perkotaan dan pedesaan (pegunungan). Pluralitas ekonomi, budaya dan sosial berpadu menjadi satu. Pola akulturasi tersebut memberi kekayaan atau khazanah sebagai identitas suatu daerah.

Tak pelak Majenang memiliki berbagai potensi yang harus digali dan dikembangkan. Dengan demikian proses pemerataan pembangunan di daerah dapat terealisasi atau terwujud. Secara langsung itu berdampak pada tingkat kemakmuran rakyat dan akan terus mengalami kemajuan. Hal itu dapat dilihat tingkat perekonomian Majenang lebih menonjol dibanding daerah lain dalam kawasan Cilacap bagian barat (Dayeuhluhur, Wanareja, Karangpucung, Cimanggu, Sidareja, Cipari, Karangreja dan Patimuan).

Indikasi yang terlihat dari segi sarana dan infrastruktur yang tersedia. Majenang lebih unggul atau dominan. Ada diskusi seperti wacana pemekaran Cilacap. Karena itu Majenang menjadi kandidat ibu kota kabupaten. Hal ini berguna bagi kelancaran atau efektivitas pelayanan publik. Kendala sekarang yang ada berupa akses yang jauh menuju ibu kota Cilacap yang jauh. Ini juga berimbas terhadap biaya.
Dwibahasa Bahasa merupakan salah satu cara manusia untuk melakukan komunikasi atau interaksi dalam menjalani kehidupan. Bahasa juga dapat menjadi perekat kebersamaan atau persaudaraan. Majenang secara kultural terbagi menjadi dua bahasa. Sebelah utara jalan provinsi mayoritas penduduk menggunakan bahasa sunda (baik halus maupun kasar).

Bahasa Sunda halus identik dengan bahasa Jawa Barat sedangkan sunda kasar identik bahasa sunda Aing, Sia. Keberadaan bahasa ini terpelihara dengan baik. Pelestarian khazanah ini perlu melibatkan semua komponen warga mulai dari pemerintah sampai penduduk.

Keragaman bahasa ini tidak menjadikan pembeda tetapi memberi warna akan adanya budaya luhur warisan nenek moyang. Eksistensi bahasa ini harus menjadi magnet pemersatu kemajemukan penduduk.

Kekayaan atau potensi ekonomi yang ada di Majenang sangatlah banyak. Baik itu kekayaan berupa infrastruktur (sarana bisnis) maupun noninfrastruktur (kekayaan alam). Potensi minyak bumi yang sempat terdengar di Desa Sadabumi, Majenang perlu dikaji lebih dalam dan digali.

Hal ini secara tidak langsung akan memberi pemasukan kas daerah sehingga pembangunan akan cepat berjalan seiring modal yang besar pula. Selain itu Majenang terkenal sebagai kawasan bisnis yang menjanjikan di kawasan Cilacap bagian barat (Proinvestasi). Terlihat menjamurnya toko-toko swalayan (Laksana Baru Swalayan, Jogya Toserba, Labana,SE dan lain-lain) sampai tumbuhnya toko waralaba. Keadaan ini akan memberi kegiatan bisnis di Majenang akan bergeliat dan menjadikan kawasan ini pro invertasi.
Pendidikan Selain itu Majenang terdapat berbagai sarana sekolah mulai dari TK,SD,SMP,MTs,SMA,SMK,MA dan perguruan tinggi. Untuk tingkat SMP Majenang memiliki 5 SMP Negeri sedangkan banyak juga SMP Swasta seperti Muhamadiyah, Diponegoro,El-Bayan.

SMA Negeri ada 1 dan swasta seperti Purnama Muhamadiyah,Yos Sudarso, El-Bayan sedangkan SMK ada SMK Muhamadiyah, SMK Komputama , SMK Farmasi, SMK Diponegoro.

Selain itu ada sekolah setingkat D1 yaitu IMKI Majenang. Kesemuanya menggambarkan Majenang sebagai kota pendidikan yang unggul.

Dunia pendidikan tidak luput dari pembentukan karakter warga belajar. Pendidikan sebagai soko guru bangsa harus selalu kita tingkatkan agar generasi bangsa dapat tercipta dan membawa kemajuan bagi bangsa Indonesia. Pendidikan juga memerlukan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas. Tanpa SDM yang bagus mutu pendidikan akan mengalami stagnasi.

Berbagai potensi di atas perlu terus digali. Mari bersama kita promosikan kecamatan Majenang sebagai Kota proinvestasi yang menjanjikan. Semoga kota kecil ini menjadi pelopor kebangkitan perekonomian Cilacap bagian barat.

Tidak ada komentar: