09 September, 2009

Majenang Society

Majenang ku tercinta….Salam hangat dari Aa Uuh / Guguh asli anak Majenang. Berikut aa uuh mau kasih tau nich tentang kecamatan majenang, tempat kelahiran Aa Uuh sendiri lewat pangkuan bunda yang paling cantik….weleh..weleh…heeee….eee..So Sweet..

Majenang adalah sebuah kecamatan yang terletak di kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Indonesia.

Berikut adalah desa – desa yang berada di kecamatan majenang :

1. Bener

Adalah desa yang terletak di sebelah utara desa sindangsari atau di dataran tinggi, mayoritas orang disana berbahasa sunda. Mata pencaharian sebagian penduduknya adalah bertani dan berkebun. Adapun kebiasaan budaya disana adalah kerja bakti / gugur gunung.

2. Boja

Adalah desa yang terletak sebelah utara desa cilopadang, sama dengan desa bener, yaitu teletak di daerah dataran tinggi. Mayoritas penduduk disana berdomisili didaerah persawahan. Mayoritas penduduk disana juga berbahasa sunda. Maklumlah daerah gunung lah….

3. Cibeunying

Adalah desa yang terletak sebelah utara desa salebu. Mayoritas penduduk disana juga berkebun dan berladang. Tapi rata – rata memilih tuk menikmati panen hasil bumi, seperti membuat gula jawa (dari kelapa). Masyarakat disana masih berbahasa sunda dan menjunjung tinggi kebudayaan daerah.

4. Cilopadang

Adalah desa yang bersebelahan dengan desa cilopadang, Penduduk disana memilih untuk bekerja sebagai berwirausaha / ada juga yang bercocok tanam (tani) bahasa yang digunakan adalah bahasa campuran (Jawa – Indonesia).cilopadang juga adalah desa yang bisa untuk jalur perlintasan menuju salem (brebes), disamping itu juga bisa tembus ke cirebon via pantura (Pantai Utara Pulau Jawa)

5. Jenang

Adalah desa yang berada tepat ditengah – tengah kota majenang, penduduknya berbahasa campuran. Selain itu desa jenang merupakan desa yang teramai daripada desa – desa yang lain di kecamatan majenang. Desa jenang juga merupakan desa yang bersebelahan dengan desa sindangsari. Jenang juga mempunya tempat – tempat umum seperti : RSUD Majenang, Bank BRI, Alun – alun.dsb.

6. Mulyadadi

Adalah desa yang terletak sebelah selatan dari desa Mulyasari, penduduk disana sebagian besar bercocok tanam (petani), ada juga yang memilih pergi mengadu nasib ke luar kota. Penduduk asli sana asli bahasa jawa. Daerah ini juga rawan banjir.

7. Mulyasari

Adalah desa yang terletak sebelah selatan desa jenang, penduduk aslinya memilih untuk berwirausaha sendiri, contoh membuka usaha rumah tangga seperti tahu. Tahu juga banya digemari di kota – kota majenang.

8. Padangjaya

Adalah desa yang terletak sebelah timur desa cilopadang, merupakan pembatas kecamatan sebelah timur. Penduduk aslinya sama seperti cilopadang.

9. Padangsari

Adalah desa yang terletak paling selatan, merupakan pembatas kecamatan majenang sebelah selatan. Penduduk utamanya berbahasa jawa asli, mereka memilih untuk bercocok tanam (petani) guna memenuhi kebutuhan sehari – hari.

10. Pahonjean

Adalah desa yang terletak disebelah barat mulyadadi. Penduduknya sama seperti Mulyadadi, yakni bercocok tanam (petani). Pahonjean juga daerah yang rawan banjir…akibat luapan sungai Cijalu yang mengalir disaat musim hujan.

11. Pengadegan

Adalah desa yang terletak di daerah dataran tinggi, atau sebelah utara desa Sadabumi. Penduduk sana ali seperti desa – desa yang lainnya yang berada di dataran tinggi yakni bertani dan berladang, bahasanya juga sama yakni bahasa sunda.

12. Sadabumi

Adalah desa yang terletak di daerah dataran tinggi, atau sebelah utara desa bener. Penduduk sana ali seperti desa – desa yang lainnya yang berada di dataran tinggi yakni bertani dan berladang, bahasanya juga sama yakni bahasa sunda

13. Sadahayu

Adalah desa yang terletak di daerah dataran tinggi, atau sebelah utara desa Sadabumi. Penduduk sana ali seperti desa – desa yang lainnya yang berada di dataran tinggi yakni bertani dan berladang, bahasanya juga sama yakni bahasa sunda

14. Salebu

Adalah desa yang terletak sebelah selatan Cibeunying, penduduk uatamanya adalah bahasa sunda dan jawa, bahasa sunda itu sendiri akibat bertetanggaan dengan desa cibeunying, sedangakan penduduk utamanya bermata pencaharian pada penghasilan usaha rumah (usaha kecil dan menengah)

15. Sepatnunggal

Adalah desa yang terletak di daerah dataran tinggi, atau bersebelahan dengan desa Sadabumi. Penduduk sana ali seperti desa – desa yang lainnya yang berada di dataran tinggi yakni bertani dan berladang, bahasanya juga sama yakni bahasa sunda

16. Sindangsari

Adalah desa yang terletak bertetanggaan dengan jenang, Sindangsari juga desa yang ngga kalah ramainya dari jenang, karena sebagian tempat hiburan / belanja umum berada di desa ini, seperti Taman Kota Majenang (Merupakan pusat keramaian kota majenang), Pasar Induk Majenang (Pasar terbesar di wilayah cilacap barat), Pusat Perbelanjaan, swalayan departemen store, dan masih banyak lagi. Sindangsari juga merupakan desa yang mempunya sekolah yang berbasis Komputer dan bahasa asing yakni SMK Komputama Majenang. Penduduknya beraneka ragam, mulai dari berwira usaha, bertani, pedagang, dsb. Penduduk sana berbahasa campur (Indonesia, Jawa – Sunda)

17. Ujung barang

Adalah desa yang terletak paling ujung utara kecamatan majenang (perbatasan Majenang – Brebes), sama dengan desa boja, yaitu teletak di daerah dataran tinggi. Mayoritas penduduk disana berdomisili didaerah persawahan. Mayoritas penduduk disana juga berbahasa sunda. Maklumlah Ujung.

Salam hangat dari Aa Uuh (Guguh) anak 378 Majenang

5 comments:

Agungnesia said...

Gan kasih contoh donk kosa kata bahasa yang dipakai oleh orang Majenang yang merupakan perpaduan antara Sunda-Banyumasan disana.

Unknown said...

kalo dayeuhluhur itu termassuk mana gan,,,,tolong dijawab

Guguh Pribowo said...

@Agung Prasetyo : Banyak gan, sala satu contoh maneh, koe, aing, inyong dsb.
@Thonie Osmont : Dayeuluhur masih masuk Kab. Cilacap, perbatasan jawa tengah bagian barat. masih bertetangga dengan Majenang

Ndoro said...

o gtu ya

Anonymous said...

Whats different languages, in javanese?