09 September, 2009

Sejarah/Asal Mula WWW (World Wide Web)

Sejarah web bermula di "European Laboratory For Particle Physics (CERN)". Di Kota Geneva, dekat perbatasan Swiss dengan Prancis. CERN bukan suatu institusi Swiss, tetapi merupakan suatu organisasi yang didirikan oleh 18 negara di Eropa. Di bulan Maret 1989, tim burners dan peneliti lainnya dari CERN mengusulkan suatu protocol system distribusi di internet, yang memungkinkan buat semua anggotanya yang tersebar di seluruh dunia bisa saling berbagi informasi. Bahkan mereka bermimpi untuk berbagi informasi dalam bentuk grafik.

Web browser pertama dibuat dengan berbasiskan pada teks, (maklum, dulu komputer juga kan masih pake DOS). Penggunaannya, untuk menyatakan sebuah link, dibuat sebarisan nomor yang mirip dengan suatu menu. Pemakai mengetikkan suatu nomor untuk melakukan suatu navigasi di dalam web. Namun sayangnya, kebanyakan software-sofware tersebut dibuat untuk computer berbasis unix, nah, waktu itu pengguna Operating System berbasis GUI salah satunya Windows kebanyakan belum bisa menikmati protocol web ini.

Namun semua itu berubah, setelah munculnya Browser Mosaic dari NCSA (National Centre For Supercomputing Applications). Di bulan Mei 1993, Marc Andreesen dan beberapa anggota dari NCSA membuat Web Browser untuk System Windows yang berbasiskan grafik. Ini sangat mudah digunakan, daripada Web Browser yang berbasiskan teks. Dalam beberapa bulan aja, Mosaic udah menarik perhatian dari para pengguna lama maupun baru.

NCSA pun mengembangkan versi-versi Mosaic lainnya untuk computer berbasis unix, Windows, bahkan macintosh. Pada tahun 1994 Marc Andreesen meninggalkan Mosaic. Kemudia bersama Jim Clark, salah satu pendiri Silicon Graphics, membuat Netscape versi pertama. Kehadiran Netscape ini menggantikan kepopuleran Mosaic sebagai Web Browser dan bahkan sampai saat ini Netscape merupakan browser yang paling banyak digunakan selain Internet Explorer dari Microsoft.

Nah, pada tahun yang sama, CERN dan MIT mendirikan suatu Konsorsium yang dinamakan World Wide Web Consortium (wwwc) yang bertugas untuk membangun standar bagi teknologi web. Teknologi terakhir yang dikembangkan oleh konsorsium ini adalah HTML Version 3.2 dengan nama kode Wilbur, yang belum banyak diimplementasikan oleh kebanyakan browser. Salah satu browser yang udah menerapkan HTML 3.2 adalah Internet Explorer dari perusahaan Microsoft.

Nah, perkembangannya, saat masih berbasiskan teks, yang terdaftar hanyalah sekitar 50 website. Namun di akhir tahun 1995, jumlah ini telah berkembang hingga mencapai 300.000 website. Nah, di tahun 2005, diperkirakan udah mencapai 30 juta website yang terdaftar di seluruh dunia. Gak tau sampai sekarang.

Namun, semua itu dilakukan atau diadakan semata-mata untuk meningkatkan pengetahuan kita, dan mengikuti tuntutan zaman yang udah jadi zaman teknolgi informasi. Jadi, semua ini diciptakan bukan untuk hiburan atau malah penyimpangan semata. Namun semata-mata untuk meningkatkan dan memperluas pengetahuan kita. Jadi jangan diselewengkan atau dijadikan hal-hal yang negatif.

No comments: