28 April, 2013

Ini Loh Wajah Calon Gubernur Jawa Tengah 2013

Dipastikan tiga pasangan calon gubernur dan wakil gubernur bakal bertarung dalam Pilgub Jateng 2013. Nama-nama tenar dipastikan bersaing, mereka adalah pasangan BISA (Bibit Waluyo-Sudijono Sastroatmodjo), pasangan GARUDA (Ganjar Pranowo-Heru Sudjatmoko) dan pasangan Hadi Prabowo-Don Murdono. Tak kenal maka tak sayang, maka saya mencoba mengumpulkan beberapa referensi terkait dengan profil beberapa pasangan calon gubernur dan wakil gubernur tersebut.
 

PASANGAN Hadi Prabowo-Don Murdono 
Pasngan ini mendapatkan nomor urut 1. Hadi Prabowo adalah Sekda Provinsi Jawa Tengah sejak tahun 2008 yang lalu. Lulusan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro ini pernah mengembang beberapa jabatan sebelumnya yaitu Asisten IV Sekda (2005-2008) dan Kepala Biro Keuangan Setda (2000-2005). Sedangkan Don Murdono adalah Bupati Sumedang dua periode (2003-2008 dan 2008-2013). Pria ini adalah alumni dari Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

PASANGAN BISA (Bibit-Sudijono) 
Bibit Waluyo, merupakan calon incumbent. Mantan Panglima Kodam Jaya, dan Panglima Kostrad. Pangkat terakhirnya sebelum pensiun adalah Letnan Jenderal TNI AD. Bibit adalah Gubernur Jawa Tengah periode 2008-2013, yang berduet Rustriningsih sebagai wakilnya. Sementara itu Sudijono Sastroatmodjo adalah Profesor Ilmu Hukum dari Universitas Negeri Semarang. Saat ini masih menjabat sebagai Rektor di Universitas tersebut yang diemban sejak tahun 2006 lalu. Sebagai informasi, ternyata Prof. Sudijono ini juga merupakan alumni dari Universitas Kristen Satya Wacana, tepatnya alumni Magister Studi Pembangunan. Kemudian gelar Doktornya diambil dari Fakultas Hukum Universitas Diponegoro. 

PASANGAN GARUDA (Ganjar-Heru) 
Siapa yang tidak kenal dengan Bung Ganjar Pranowo. Salah satu politikus muda PDIP yang sering muncul di layar televisi. Pria kelahiran Karanganyar ini merupakan alumni Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada. Sudah dua periode menjadi anggota DPR RI dari PDI Perjuangan sejak tahun 2004 sampai sekarang. Sedangkan Heru Sudjatmoko adalah Bupati Purbalingga periode 2010-2015. Beberapa jabatan pernah diemban sebelumnya adalah Wakil Bupati Purbalingga (2005-2010) dan Sekda Purbalingga (1998-2005). Siapa pilihan Anda? Biar hati nurani yang menentukan... Selamat memilih!

No comments: