16 February, 2016

Silabus, Kisi-Kisi dan Juknis OSN Tingkat SMP 2016 Beserta Kumpulan Contoh Soal OSN

Kegiatan Olimpiade Sains Nasional (OSN) merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan dan sekaligus untuk menuntaskan wajib belajar yang bermutu. Olimpade Sains Nasional merupakan salah satu wahana bagi peserta didik guna menumbuhkembangkan semangat kompetisi akademik untuk mendorong keberanian bersaing secara sehat sekaligus meningkatkan kemampuan dalam bidang Matematika, IPA, dan IPS dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan.

Persyaratan Peserta Olimpade Sains Nasional (OSN) tahun 2016
Olimpade Sains Nasional (OSN) tahun 2016 terbuka untuk peserta didik SMP, SMP Terbuka, SD-SMP Satu Atap, dan berkewarganegaraan Indonesia yang memenuhi persyaratan sebagai berikut :
1.   Peserta OSN tahun 2016 bukan bukan peserta OSN tahun sebelumnya yang pernah mendapat juara pada tingkat/level nasional dalam semua bidang lomba. Jika terdapat peserta tahun sebelumnya yang pernah menjuarai OSN pada bidang lomba apapun, peserta akan di diskualifikasikan.
2.  Peserta didik SMP kelas VII atau kelas VIII pada saat mengikuti lomba di tingkat kabupaten/kota. Saatmengikuti lomba tingkat provinsi maupun nasional masih berstatus sebagai peserta didik SMP yang diwakili dan sekurang-kurangnya telah mengikuti proses belajar mengajar selama satu sememester di sekolah tersebut , dibuktikan dengan surat keterangan kepala sekolah.
3.    Memiliki nilai rapor serendah-rendahnya 7,5 (tujuh koma lima) untuk bidang lomba yang akan diikuti.
4.    Berkelakuan baik dan tidak terlibat penyalahgunaan obat terlarang dan minuman keras yang dibuktikan dengan surat keterangan kepala sekolah.
5.    Dikirim oleh sekolah yang bersangkutan berdasarkan surat keterangan kepala sekolah.
6.    Peserta hanya mengikuti satu bidang lomba

Berikut saya sertakan link untuk mendownload Juklak/Juknis dan silabus berserta contoh soal OSN (klik link dibawah ini untuk mendownload) :


Demikian Semoga bermanfaat bagi adik – adik semua…Maju terus pantang menyerah hingga lelah ini benar-benar lelah mengikuti kita !!!


No comments: