14 September, 2009

Suasana Ramadhan di Kota Majenang

Sudah sepekan rasanya kami menikmati indahnya bulan suci ramadhan, bulan yang penuh berkah dan ampunan. Berbagai aktivitas yang biasanya kita jalani, pada bulan ramadhan ini ada sedikit perbedaan yang terjadi. Tetapi para orang tua tetap melakukan aktivitas bekerja seperti biasanya demi anak dan keluarganya. Dengan melihat di tahun-tahun sebelumnya sepertinya ramadhan kali ini sedikit agak sepi di bandingkan waktu saya kecil. Masjid-masjid pun sepi di huni oleh para pemuda. Hanya orang-orang lanjut usia lah yang rajin berlomba-lomba untuk mendapatkan tiket ke surga. Kemanakah para pemuda zaman sekarang….???

Dimalam hari sholat tarawih yang biasanya ramai kini mulai sepi, lantunan ayat-ayat suci Al-Qur’an pun mulai hilang ditelan zaman yang katanya mulai EDAN. Apakah ini tandanya kiamat sudah dekat....???.
Di sore hari majenang pun ramai, mulai dari lintas Diponegoro sampai jalan-jalan sempit pun ramai dipadati lalu lintas kendaraan, mereka datang bukan untuk mencari sesuap nasi, mereka hanya menunggu bedug maghrib (buka puasa), mulai dari anak remaja hingga dewasa. Pertunjukan Freestyle mungkin sudah rutin diadakan di majenang oleh anak-anak club motor Majenang. Bagi mereka yang suka dengan kegiatan tersebut rela berdesak-desakan melihat acara tersebut, bahkan ada yang rela dating dari luar kecamatan majenang. Selain itu setiap akhir pekan Majenang ramai dengan acara Band Ngabuburit yang rutin diadakan oleh instansi-instansi tertentu.
Bulan ramadhan kali ini memang sedikit berbeda, kami berharap ramadhan tahun depan akan lebih ramai dengan bacaan-bacaan Al-Qur’an. Amien……

Perjalanan Reggae di Indonesia


Reggae, seperti dikatakan etnomusikolog Jacob Edgar, merupakan jenis musik yang mudah beradaptasi dengan beragam lingkungan kultural.

Musik Reggae sebetulnya sudah lama digaungkan di Indonesia sekitar awal tahun 1980, dengan munculnya band Reggae Abreso dalam acara Reggae Night di Taman Impian Jaya Ancol.

Pada tahun 1986 band yang seluruhnya personil pemuda asal Papua ini pernah performing di Christmas Island selama tiga bulan yang diprakarsai oleh Yorries Raweyai. Pada tahun 1984 Abreso pernah rekaman lagu-lagu Reggae.

Selain itu, masih di era tahun 1980-an ada lagu “Dansa Reggae” yang dinyanyikan oleh Nola Tilaar iringan musik oleh Willie Teuguh.

Lagu ciptaan Melky Goeslaw itu adalah salah satu lagu Reggae yang mengajak masyarakat dari berbagai latar belakang kultural bisa ramai-ramai menikmati reggae. Dengar liriknya: "Orang Jawa bilang, ’monggo dansa reggae’!"


(Photo : istimewa)



Pada tahun 1980 "Abreso"

Tahun 1986 “Black Company”.

Tahun 1988 "Air Mood"

Akhir tahun 1989 "Asian Roots".

Tahun 1989 "Rastafara "

Tahun 1989 "Asian Rasta"

Tahun 1990 "Imanez"

Tahun 1993 "Asian Force"

Tahun 1993 "Jamming"

Tahun 1994 "Kingky Reggae"

Tahun 1997 "Batavia Reggae"

Tahun 1997 "Sireum Ateul"

Tahun 1998 "Souljah"

Tahun 1999 "Matahari"

Tahun 2000 "Marapu"

Tahun 2001 "Gangstarasta"

Tahun 2002 "Flobaja"

Tahun 2002 "DeJenks"

Tahun 2003 "Ras Muhamad"

Tahun 2003 "Green Savanna "

Tahun 2004 "My Reggae"

Tahun 2004 "Mozambique"

Tahun 2004 "Little Birds"

Tahun 2004 "Primitif"

Tahun 2004 "Peron 1"

Tahun 2005 "Taffgong"

Tahun 2005 "Pasukan Lima Jari"

Tahun 2005 "Masamune"

Tahun 2005 "Secret Place"

Tahun 2005 "Lokal Ambience"

Tahun 2005 "The Red Lock "

Tahun 2006 "Soya"

Tahun 2006 "Bakscherrys"

Tahun 2006 "Soundxinor's"

Tahun 2006 "PMS & The People"

Tahun 2006 "Jamaican Soul"

Tahun 2007 "Teh Manis"

Tahun 2007 "D'Lobbies"

Tahun 2007 "The Babylonians"

Tahun 2007 "Joe DeWine "

Tahun 2007 "Pa'Ce Rasta"
Sumber : indoreggae.com

10 September, 2009

Sejarah Linux


Linux atau GNU/Linux adalah sistem operasi bebas yang sangat populer. Istilah Linux atau GNU/Linux (GNU) juga digunakan bagi merujuk kepada keseluruhan edaran Linux (Linux distribution), yang selalunya disertakan program-program lain selain Sistem Pengoperasian. Contoh-contoh program adalah seperti Server Web, Bahasa Pengaturcaraan, Basis Data, Persekitaran Desktop (Desktop environment) (seperti GNOME dan KDE), dan suite kantor (office suite) seperti OpenOffice.org. Edaran-edaran Linux telah mengalami pertumbuhan yang pesat dari segi kepopuleran, sehingga lebih populer dari versi UNIX yang propritari (proprietary) dan mula menandingi dominasi Microsoft Windows dalam beberapa kasus.

Linux menyokong banyak Perkakasan Komputer, dan telah diguna di dalam berbagai peralatan dari Komputer pribadi sampai Superkomputer dan Sistem Benam (Embedded System) (seperti Telefon Mudahalih dan Perekam Video pribadi Tivo).

Pada mulanya, ia dibuat dan digunakan oleh peminatnya saja. Kini Linux telah mendapat sokongan dari perusahaan besar seperti IBM, dan Hewlett-Packarddan perusahaan besar lain. Para penganalisa menujukan kejayaannya ini disebabkan karena Linus tidak bergantung kepada vendor (vendor-independence), biaya perkakasan yang rendah, dan kepantasannya berbanding versi UNIX proprietari, serta faktor keselamatan dan kestabilannya berbanding dengan Microsoft Windows. Ciri-ciri ini juga menjadi bukti atas keunggulan model pembangunan sumber terbuka.

Sejarah
Kernel Linux pada mulanya ditulis sebagai hobi oleh pelajar universitas Finland Linus Torvalds yang belajar di Universitas Helsinki, untuk membuat kernel Minix yang bebas dan dapat sunting. (Minix adalah projek pelajaran menyerupai UNIX direka untuk mudah dan bukannya untuk kegunaan perniagaan.) Versi 0.01 dikeluarkan ke Internet pada September 1991, Versi 0.02 pada 5 Oktober 1991. [1]

Berikutnya, beribu-ribu penulis program sukarelawan seluruh dunia telah menyertai projek ini.
Sejarah sistem pengoperasian berdasarkan Linux berkaitan arat dengan projek GNU, projek program bebas terkenal diketuai oleh Richard Stallman. Projek GNU bermula pada 1983 untuk membuat sistem pengoperasian seperti Unix lengkap — kompiler, utiliti aplikasi, utiliti pembangunan dan seterusnya — dikarang sepenuhnya dengan Program Bebas. Pada 1991, apabila versi pertama kerangka Linux ditulis, projek GNU project telah menghasilkan hampir kesemua komponen sistem ini — kecuali kernel. Torvalds dan pembangun kernel seperti Linux menyesuaikan kernel mereka supaya dapat berfungsi dengan komponen GNU, dan seterusnya mengeluarkan Sistem Pengoperasian yang cukup berfungsi. Oleh itu, Linux melengkapkan ruang terakhir dalam rancangan GNU.

Walaupun kernel Linux dilisensikan di bawah GNU General Public License, ia bukannya sebesar dari projek GNU.
Tux, seekor Penguin, merupakan logo dan maskot bagi Linux. Linux adalah tandaniaga (SN: 1916230) yang dimiliki oleh Linus Torvalds. Linux terdaftar sebagai "Program sistem pengoperasian komputer bagi penggunaan komputer dan operasi". Tandaniaga ini diletak setelah berlaku suatu kejadian di mana seorang pemalsu bernama William R Della Croce Jr mula menghantar surat kepada para pengedar Linux yang megklaim tandaniaga Linux adalah kepunyaannya serta meminta royalti sebanyak 10% dari mereka. Para pengedar Linux mulai mendorong agar tandaniaga yang asal diberi kepada Linus Torvalds. Perlisensian tandaniaga Linux sekarang dikendali oleh Linux Mark Institute.

Distribusi Linux
Lihat juga Distribusi Linux
Terdapat banyak edaran atau distribusi Linux (lebih dikenali sebagai Distro), yang dibuat oleh individu, grup, dan lembaga lain. Masing masingnya mungkin disertakan dengan program sistem dan program aplikasi tambahan, di samping menyertakan suatu program yang memasang keseluruhan sistem dalam komputer baru.

Inti bagi setiap edaran Linux adalah Kernel Linux, koleksi program dari projek GNU (atau projek lain), shell, dan aturcara utiliti seperti pustaka (libraries), Kompiler, dan Pengedit (editor). Kebanyakan sistem juga menyertakan aturcara dan utiliti yang bukan-GNU, bagaimanapun utiliti tersebut dapat diasingkan dan masih menyediakan sistem ala-Unix. Beberapa contoh adalah aturcara dan utiliti dari BSD dan Sistem Tetingkap-X (X-Window System). X menyediakan Antaramuka Grafik (GUI) yang asas bagi sistem Linux.

Aplikasi Sistem Pengoperasian berdasarkan Linux
Pengguna Linux, yang secara tradisinya perlu memasang dan melakukan konfigurasi terhadap sistem sendiri, lebih cenderung mengerti teknologi dibanding pengguna Microsoft Windows atau Mac OS. Mereka sering disebut "hacker" atau "geek". Namun stereotipe ini semakin berkurang dengan peningkatan sifat ramah-pengguna dan makin luasnya pengguna edaran Linux. Linux telah membuat pencapaian yang agak baik dalam pasaran komputer server dan komputer tujuan khusus. Contohnya, mesin render gambar, dan servis web. Linux juga mulai populer dalam pasaran komputer "desktop".

Linux merupakan asas kepada kombinasi program-server LAMP, kependekan dari Linux, Apache, MySQL, Perl/PHP,Python. LAMP telah mencapai kepopuleran yang luas di kalangan pembangun Web.

Linux juga sering digunakan sebagai Sistem Pengoperasian Benam. Biaya Linux yang murah memungkinkan penggunaannya dalam peralatan seperti Simputer, yaitu komputer biaya rendah yang disasarkan pada penduduk berpendapatan rendah di Negara-negara Membangun.

Dengan Persekitaran Desktop seperti KDE dan GNOME, Linux menawarkan Antarmuka Pengguna yang lebih menyerupai Apple Macintosh atau Microsoft Windows dari Antarmuka Baris Arahan seperti Unix. Justru itu, lebih banyak program grafik dapat didapati pada Linux, yang menawarkan berbagai fungsi yang ada pada utiliti komersil.

Pasaran serta dapatpakai
Linux yang pada awalnya hanya merupakan sistem pengoperasian yang digunakan oleh peminat komputer, telah menjadi sistem yang lebih Ramah-pengguna, dengan antaramuka grafik yang berbagai macam aplikasi yang lebih mirip sistem pengoperasian konsumer lain, dari baris arahan Unix. Namun kesan ini telah menimbulkan kritikan ramai, termasuk dari penyokong Linux. Mereka berpendapat bahwa Linux dan projek program bebas masih belum mencapai faktor ke'dapatpakai'an yang memuaskan. Persoalan tentang ke'dapatpakai'an Linux berbanding Windows atau Macintosh masih menjadi isu perdebatan yang hangat. Pasaran Linux dalam komputer "desktop" masih agak kecil tapi semakin berkembang. Menurut Lembaga Penyelidikan Pasaran IDC, besar pasaran bagi Linux pada tahun 2002 adalah 25% bagi pasaran server, dan 2.8% bagi pasaran Komputer pribadi.

Bagi mereka yang hanya biasa menggunakan Windows atau Macintosh, Linux mungkin kelihatan lebih sukar disebabkan perbedaan dalam melakukan berbagai kerja komputer. Dan lagi, lebih mudah untuk mencari sokongan teknis bagi Windows atau Mac OS dibandingkan Linux. Tambahan lagi, secara lazimnya pengguna perlu menukar program yang sering digunakan, disebabkan program tersebut tidak didapati dalam Linux (atau pilihan yang agak terbatas, terutamanya permainan komputer). Faktor lain adalah sifat ragu-ragu pengguna yang merasa susah untuk melepaskan sistem pengoperasian mereka (banyak pengguna masih menggunakan versi Windows yang lama). Selain itu, kebanyakan komputer didatangkan dengan Windows sedia dipasang (preinstalled). Faktor-faktor ini menyebabkan perkembangan Linux yang agak lambat.

Walau bagaimanapun, kelebihan Linux seperti biaya rendah, sekuritas yang lebih aman, dan tidak bergantung pada vendor, telah menggalakkan penggunaan yang meluas di kalangan koperasi dan kerajaan. Dalam situasi ini, halangan yang disebut di atas dapat dikurangkan karena hanya aplikasi/utiliti yang terbatas digunakan, serta kerja pentadbiran komputer (administration) dikendalikan oleh sekumpulan pekerja pakar IT yang sedikit.

Terdapat berbagai kajian yang dilakukan terbatas biaya serta ke'dapatpakai'an Linux. Relevantive, (sebuah lembaga berpusat di Berlin, yang mengkhusus dalam rundingan lembaga tentang ke'dapatpakai'an program, serta servis web), telah membuat kesimpulan bahawa ke'dapatpakai'an Linux bagi pekerjaan dengan komputer "desktop" adalah hampir sama dengan Windows XP. Bagaimanapun, kajian oleh IDC (yang dibiayai oleh Microsoft) mengklaim bahwa Linux mempunyai biaya pemilikan (Total Cost of Ownership) yang lebih tinggi berbanding Windows.

Linux juga sering dikritik karena jadwal pembangunannya yang tidak dapat diduga. Secara langsung, menyebabkan pengguna Enterprise kurang selesa dengan Linux dibanding sistem pengoperasian lain (Sumber:Marcinkowski, 2003). Pilihan yang banyak dalam edaran Linux juga dikatakan mengelirukan konsumer, dan vendor program.
[sunting]

Instalasi
Proses pemasangan yang sukar sering-kali menjadi penghalang bagi pengguna baru, namun proses ini sekarang menjadi lebih mudah akhir akhir ini. Dengan penerimaan Linux oleh beberapa pengeluar PC (Komputer pribadi) terbesar, komputer yang disedia-pasang dengan edaran Linux dapat didapati. Ada juga edaran Linux yang dimana Linux di-boot secara terus dari Live CD tanpa perlu memasangnya ke dalam Hard Disk. Contoh-contoh edaran Linux berbentuk Live CD adalah Knoppix/Gnoppix dan Gentoo. Gambar ISO bagi CD untuk edaran Linux tersebut biasanya dapat dimuat turun dari Internet, ditulis ke CD, dan selanjutnya membootkan CD tersebut.
[sunting]

Konfigurasi
Konfigurasi bagi kebanyakan setting Linux seringkali perlu dilakukan menerusi penyuntingan berkas teks dalam direktori /etc. Terdapat juga utiliti seperti Linuxconf dan GNOME System Tools yang bertujuan memudahkan kerja ini dengan menyediakan antaramuka grafik. Namun baris arahan merupakan cara paling lazim digunakan.

Dukungan
Dukungan bagi Linux biasanya didapatkan menerusi peer(dalam konteks ini bermaksud rakan dalam talian) - pengguna Linux lain di dalam forum internet, newsgroup dan senarai mel. Kumpulan Pengguna Linux (LUG, Linux User Group) telah didirikan di sulurh dunia untuk membantu pengguna lokal, pengguna baru, dan pengguna berpengalaman. Bantuan termasuk pemasangan, penggunaan, penyelenggaraan serta menggalakkan perkembangan sistem Linux.

Pembekalan komersil bagi edaran Linux secara umumnya mengamalkan model perniagaan dengan menyediakan sokongan. Sokongan partai ketiga juga sudah tersedia

Skala Usaha Pembangunan Linux
Sebuah studi (More Than a Gigabuck: Estimating GNU/Linux's Size [2]) Terhadap Red Hat Linux 7.1 menemukan bahwa edaran ini berisi 30 juta baris kode source (‘’source lines of code (SLOC)’’). Menggunakan model biaya COCOMO studi ini menunjukan bahwa edaran ini memerlukan waktu pengembangan sebanyak 8000 tahun, apabila software ini di kembangkan dengan cara proprietasi konvensional. Dan akan memakan sekitar 1.08 miliar dolar (dolar tahun 2000) untuk di kembangkan di Amerika Serikat.

Mayoritas dari kode (71%) ditulis dalam C, namun banyak bahasa lain digunakan, termasuk C++ shell scripts, Lisp, assembly language, Perl, Fortran dan Python.
Sekitar setengah dari kodenya di lisensikan di bawah GPL.
Kernel Linux kernel mengandung 2.4 juta baris kode, atau sekitar 8% dari total, Menunjukan bahwa mayoritas dari edaran Linux terdiri dari kode yang tidak terkandung dalam Kernel Linux.
[sunting]

"GNU/Linux"
Lihat Kontroversi Penamaan GNU/Linux
Disebabkan utiliti-utiliti dari projek sistem pengoperasian bebas GNU - tanpa ini sistem Linux tidak akan menyerupai sistem Unix dalam perspektif pengguna - Richard Stallman dari GNU/FSF memohon agar kombinasi sistem (projek GNU dan kernel Linux), disebut sebagai "GNU/Linux". Pengguna edaran Linux dari projek Debian lebih cenderung menggunakan nama tersebut. Kebanyakan pengguna lebih mudah menggunakan istilah "Linux".

Tindakan Undang-undang (Litigasi)
Artikel utama: SCO Vs IBM Pada bulan Mac 2003, Kumpulan SCO (SCOG - SCO Group) telah mengeluarkan saman terbatasap IBM yang mengklaim bahwa IBM telah memasukkan sebesar dari bahan intelektual milik SCOG ke dalam kernel Linux, di mana ia merupakan pelanggaran terbatasap lisensi IBM untuk menggunakan UNIX. Lisensi tersebut dikatakan dipegang oleh Kumpulan SCO. Tambahan lagi, Kumpulan SCO juga telah mengirim surat kepada beberapa lembaga dan memberi amaran tentang penggunaan Linux tanpa lisensi dari kumpulan SCO akan menerima tindakan dari mereka. Kumpulan SCO juga mengeluarkan pernyataan pada media massa yang mereka akan menyaman pengguna Linux selanjutnya. Kontroversi ini telah mencetus beberapa kecaman oleh Kumpulan SCO terbatasap Novell, DaimlerChrysler, dan AutoZone, selain saman balik oleh Red Hat dan pihak lain terbatasap SCOG.

7 Cara Merancang Nama Bayi


Bagi sebagian orang, merancang nama untuk anak mudah saja karena sejak belum menikah ia mungkin sudah mengangan-angankan akan memberi nama tertentu untuk anaknya kelak. Bagi orang lain, membuat nama bayi hanya membuatnya pusing. Bahkan, harus dibantu doa agar ia bisa menemukan nama yang tepat.

Pada dasarnya, nama seharusnya mengandung doa, atau tepatnya, pengharapan akan sesuatu yang baik untuk seseorang. Apakah Anda ingin anak Anda nanti menjadi anak yang setia, cerdas, dan selalu menularkan kasih kepada orang di sekitarnya? Cobalah merancang nama dari pengharapan tersebut, entah dari bahasa daerah, bahasa Indonesia, Sansekerta, atau dari sumber-sumber lain. Percaya deh, urusan merancang nama ini akan menjadi kegiatan seru untuk Anda dan suami yang sedang menanti kelahiran si kecil. Untuk mempermudah Anda, coba pertimbangkan 7 hal berikut ini:

1. Memiliki makna
Banyak nama bayi yang diambil dari bahasa-bahasa tertentu yang memiliki makna, misalnya seperti kebiasaan suku Tapanuli (atau orang Hawai). Sedangkan kebanyakan nama yang lain hanya merupakan rekaan saja. Jika Anda menemukan sebuah nama yang terdengar cantik, namun maknanya kurang berarti, sebaiknya jangan dipakai. Saat mencari nama-nama bayi di internet, cobalah mencari dengan kata kunci berdasarkan karakter si anak. Namun sebaliknya, jangan menonjolkan unsur makna saja tanpa mempertimbangkan keindahan.

2. Mudah dieja
Anda mungkin bangga karena berhasil menciptakan nama yang unik untuk si kecil. Namun jika nama yang Anda berikan sulit dibaca atau diucapkan, coba pertimbangkan lagi. Anak bisa mengalami kesulitan ketika sudah mulai masuk sekolah nanti. Misalnya, nama yang ditulis di ijazah tidak sama dengan nama di akte kelahiran (karena begitu sulit dieja). Masalah ini akan terus mengikutinya, selama ia harus menangani dokumen pribadi.

3. Tidak membuat anak tertekan
Meskipun nama itu mengandung harapan akan kebaikan untuk si anak, Anda perlu mengingat bahwa jaman telah berubah. Anak telah memiliki wawasan yang jauh lebih luas berkat sumber informasi yang lebih mudah diakses. Jangan sampai kelak anak merasa sangat tidak nyaman dengan nama pemberian orangtuanya. Besar kemungkinan, anak mendapat tekanan sosial berupa ejekan dari teman-temannya. Mampukah kelak ia menghadapi tekanan sosial semacam itu?

4. Tidak ada kenangan khusus
Anda mungkin telah menyimpan nama yang cantik untuk anak Anda, namun belakangan Anda baru tahu, nama itu ternyata sama dengan nama mantan kekasih suami. Atau, suami baru tahu bahwa nama anak lelaki pertamanya ternyata sama dengan nama mantan kekasih Anda. Bila nama ini mengandung kenangan tertentu tentang orang-orang di masa lalu, Anda pasti tak ingin menggunakannya lagi untuk anak Anda.

5. Unsur agama
Nama yang mengandung unsur agama juga merupakan pilihan yang bijak, karena nama ini akan langsung menunjukkan identitas Anda. Hanya saja, sering kita temui orang yang salah memilih nama. Pastikan Anda menyandang nama dengan unsur agama yang Anda anut, bukan agama yang lain.

6. Penghargaan untuk seseorang
Anda menghormati atau mengidolakan seseorang? Boleh saja Anda mencomot sebagian namanya. Namun harap diingat, pilih nama yang tetap mengandung makna yang baik. Selain itu, ambil nama depannya, bukan nama belakangnya. Jadi jika Anda mengagumi Gwyneth Paltrow, comotlah "Gwyneth"-nya, bukan "Paltrow"-nya. Sebab orang lain akan mengira Paltrow adalah nama belakang suami Anda.

7. Seni mempadupadankan
Adalah hak Anda untuk membuat nama seperti apa pun yang Anda mau. Untuk memastikan bahwa nama itu terdengar indah, coba ucapkan dengan keras. Akan lebih baik jika Anda memadukan nama pendek (dengan dua suku kata) dengan nama panjang (tiga atau empat suku kata). Atau sebaliknya, nama panjang dulu, baru nama pendek. Atau, bila nama depannya agak kebarat-baratan, lanjutkan dengan nama Indonesia.
Sumber : KOMPAS.com

09 September, 2009

Etika Menulis E-mail

Etika dalam surat elektronik sama dengan etika dalam menulis surat biasa. Ada surat elektronik yang isinya formal ada yang informal. Beberapa poin penting:

* Jangan mengirim surat elektronik dengan lampiran (attachment) yang terlalu besar (lebih dari 512 kB). Tidak semua orang mempunyai akses Internet yang cepat, dan ada kemungkinan lampiran tersebut melebihi kapasitas surat elektronik penerima, sehingga akan ditolak mailserver penerima. Selain itu, perhatikan juga bahwa beberapa penyedia surat elektronik juga menerapkan batasan tentang jumlah, jenis, dan ukuran surat elektronik yang dapat diterima (dan dikirim) penggunanya,

# Jangan mengirim lanjut (forward) surat elektronik tanpa berpikir kegunaan bagi orang yang dituju.
# Selalu isi kolom subjek, jangan dibiarkan kosong.
# Dalam mengutip tulisan orang lain, selalu usahakan mengutip seperlunya, jangan mau gampangnya mengutip seluruh tulisan orang itu:

* dalam menjawab surat elektronik orang lain, kutip bagian yang kita tanggapi saja, selain lebih jelas juga tidak memakan waktu / jatah akses penerima,
* dalam mengutip tulisan orang ketiga, ingat hak cipta: kutip sesedikit mungkin dan rujuk ke tulisan aslinya.

# Jangan menggunakan huruf kapital karena dapat menimbulkan kesan anda BERTERIAK.
# Gunakan kata-kata dengan santun. Adakalanya sesuatu yang kita tulis akan terkesan berbeda dengan apa yang sebetulnya kita maksudkan.
lebih lanju klik disini

Majenang Society

Majenang ku tercinta….Salam hangat dari Aa Uuh / Guguh asli anak Majenang. Berikut aa uuh mau kasih tau nich tentang kecamatan majenang, tempat kelahiran Aa Uuh sendiri lewat pangkuan bunda yang paling cantik….weleh..weleh…heeee….eee..So Sweet..

Majenang adalah sebuah kecamatan yang terletak di kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Indonesia.

Berikut adalah desa – desa yang berada di kecamatan majenang :

1. Bener

Adalah desa yang terletak di sebelah utara desa sindangsari atau di dataran tinggi, mayoritas orang disana berbahasa sunda. Mata pencaharian sebagian penduduknya adalah bertani dan berkebun. Adapun kebiasaan budaya disana adalah kerja bakti / gugur gunung.

2. Boja

Adalah desa yang terletak sebelah utara desa cilopadang, sama dengan desa bener, yaitu teletak di daerah dataran tinggi. Mayoritas penduduk disana berdomisili didaerah persawahan. Mayoritas penduduk disana juga berbahasa sunda. Maklumlah daerah gunung lah….

3. Cibeunying

Adalah desa yang terletak sebelah utara desa salebu. Mayoritas penduduk disana juga berkebun dan berladang. Tapi rata – rata memilih tuk menikmati panen hasil bumi, seperti membuat gula jawa (dari kelapa). Masyarakat disana masih berbahasa sunda dan menjunjung tinggi kebudayaan daerah.

4. Cilopadang

Adalah desa yang bersebelahan dengan desa cilopadang, Penduduk disana memilih untuk bekerja sebagai berwirausaha / ada juga yang bercocok tanam (tani) bahasa yang digunakan adalah bahasa campuran (Jawa – Indonesia).cilopadang juga adalah desa yang bisa untuk jalur perlintasan menuju salem (brebes), disamping itu juga bisa tembus ke cirebon via pantura (Pantai Utara Pulau Jawa)

5. Jenang

Adalah desa yang berada tepat ditengah – tengah kota majenang, penduduknya berbahasa campuran. Selain itu desa jenang merupakan desa yang teramai daripada desa – desa yang lain di kecamatan majenang. Desa jenang juga merupakan desa yang bersebelahan dengan desa sindangsari. Jenang juga mempunya tempat – tempat umum seperti : RSUD Majenang, Bank BRI, Alun – alun.dsb.

6. Mulyadadi

Adalah desa yang terletak sebelah selatan dari desa Mulyasari, penduduk disana sebagian besar bercocok tanam (petani), ada juga yang memilih pergi mengadu nasib ke luar kota. Penduduk asli sana asli bahasa jawa. Daerah ini juga rawan banjir.

7. Mulyasari

Adalah desa yang terletak sebelah selatan desa jenang, penduduk aslinya memilih untuk berwirausaha sendiri, contoh membuka usaha rumah tangga seperti tahu. Tahu juga banya digemari di kota – kota majenang.

8. Padangjaya

Adalah desa yang terletak sebelah timur desa cilopadang, merupakan pembatas kecamatan sebelah timur. Penduduk aslinya sama seperti cilopadang.

9. Padangsari

Adalah desa yang terletak paling selatan, merupakan pembatas kecamatan majenang sebelah selatan. Penduduk utamanya berbahasa jawa asli, mereka memilih untuk bercocok tanam (petani) guna memenuhi kebutuhan sehari – hari.

10. Pahonjean

Adalah desa yang terletak disebelah barat mulyadadi. Penduduknya sama seperti Mulyadadi, yakni bercocok tanam (petani). Pahonjean juga daerah yang rawan banjir…akibat luapan sungai Cijalu yang mengalir disaat musim hujan.

11. Pengadegan

Adalah desa yang terletak di daerah dataran tinggi, atau sebelah utara desa Sadabumi. Penduduk sana ali seperti desa – desa yang lainnya yang berada di dataran tinggi yakni bertani dan berladang, bahasanya juga sama yakni bahasa sunda.

12. Sadabumi

Adalah desa yang terletak di daerah dataran tinggi, atau sebelah utara desa bener. Penduduk sana ali seperti desa – desa yang lainnya yang berada di dataran tinggi yakni bertani dan berladang, bahasanya juga sama yakni bahasa sunda

13. Sadahayu

Adalah desa yang terletak di daerah dataran tinggi, atau sebelah utara desa Sadabumi. Penduduk sana ali seperti desa – desa yang lainnya yang berada di dataran tinggi yakni bertani dan berladang, bahasanya juga sama yakni bahasa sunda

14. Salebu

Adalah desa yang terletak sebelah selatan Cibeunying, penduduk uatamanya adalah bahasa sunda dan jawa, bahasa sunda itu sendiri akibat bertetanggaan dengan desa cibeunying, sedangakan penduduk utamanya bermata pencaharian pada penghasilan usaha rumah (usaha kecil dan menengah)

15. Sepatnunggal

Adalah desa yang terletak di daerah dataran tinggi, atau bersebelahan dengan desa Sadabumi. Penduduk sana ali seperti desa – desa yang lainnya yang berada di dataran tinggi yakni bertani dan berladang, bahasanya juga sama yakni bahasa sunda

16. Sindangsari

Adalah desa yang terletak bertetanggaan dengan jenang, Sindangsari juga desa yang ngga kalah ramainya dari jenang, karena sebagian tempat hiburan / belanja umum berada di desa ini, seperti Taman Kota Majenang (Merupakan pusat keramaian kota majenang), Pasar Induk Majenang (Pasar terbesar di wilayah cilacap barat), Pusat Perbelanjaan, swalayan departemen store, dan masih banyak lagi. Sindangsari juga merupakan desa yang mempunya sekolah yang berbasis Komputer dan bahasa asing yakni SMK Komputama Majenang. Penduduknya beraneka ragam, mulai dari berwira usaha, bertani, pedagang, dsb. Penduduk sana berbahasa campur (Indonesia, Jawa – Sunda)

17. Ujung barang

Adalah desa yang terletak paling ujung utara kecamatan majenang (perbatasan Majenang – Brebes), sama dengan desa boja, yaitu teletak di daerah dataran tinggi. Mayoritas penduduk disana berdomisili didaerah persawahan. Mayoritas penduduk disana juga berbahasa sunda. Maklumlah Ujung.

Salam hangat dari Aa Uuh (Guguh) anak 378 Majenang

Manfaat Cuci Tangan

Sudah cuci tangan apa belum? Ayo, cuci tangan dulu!” Kalau kalimat itu sering Anda sampaikan pada si kecil, berarti Anda orangtua yang bijak dan tahu arti kesehatan. Kendati, di sisi lain mungkin si anak sebal karena terus-menerus diingatkan dan cenderung “lupa” jika tidak ditegur.

Cuci tangan memang sangat sepele kedengarannya. Sebagai suatu pekerjaan yang harus dilakukan pun, cuci tangan bukan hal berat. Tetapi manfaatnya? Luar biasa! Keuntungan yang paling sederhana dari kegiatan ini adalah membuat anak terbebas dari kuman.

Biang keladi penyakit
Seperti kita ketahui, tangan adalah bagian tubuh yang paling sering bersentuhan dengan benda-benda di sekitar kita, yang belum tentu terjamin kebersihannya. Nah, dengan mudah pula, kuman menempel di tangan kemudian berpindah ke tempat lain. Entah karena kita kemudian memegang benda lain atau bahkan menyentuh bagian tubuh kita sendiri.

Anggota tubuh yang paling sering berhubungan langsung dengan tangan adalah mulut dan hidung. Alhasil, tangan yang kotor menjadi salah satu penghantar utama masuknya kuman/mikroba penyebab penyakit ke dalam tubuh. Sementara mulut dan hidung merupakan pintu masuk kuman ke dalam tubuh. Celakanya, anak kecil amat suka memegang berbagai benda bahkan memasukkan tangan atau benda apa saja ke dalam mulut mungilnya.

Banyak penyakit yang ditularkan melalui tangan, antara lain, influenza, meningitis, hepatitis A, diare, penyakit kulit, dan gangguan usus. Pada banyak kasus, anak yang menderita diare akut, bisa berujung pada kematian. Asal tahu saja, jika tangan manusia menyentuh tinja, maka akan terkontaminasi dengan lebih dari 10 juta virus dan satu juta bakteri yang dapat menimbulkan berbagai macam penyakit.

Jadi, tak bisa ditawar lagi, cuci tangan secara benar dengan menggunakan sabun, amat besar manfaatnya demi menjaga kesehatan bahkan nyawa si kecil.

Sesering mungkin
Kapan harus cuci tangan? Lakukan sesering mungkin! Terutama selama musim flu. Jika secara berkala mencuci tangan dengan benar, dapat mengurangi risiko terkena atau menyebarkan flu. Segera cuci tangan dengan sabun ketika:

* Sebelum dan sesudah menyiapkan makanan/masakan. Ini dapat mengurangi risiko terkena atau menyebarkan bakteri yang menyebabkan makanan beracun. Cuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah mengolah masakan dari jenis unggas, telur mentah, daging, atau seafood.
* Sebelum dan sesudah makan.
* Usai buang air kecil/besar. Juga sehabis mengganti popok si kecil.
* Sesudah bersin, batuk, membuang ingus.
* Sehabis memegang barang yang kotor.
* Usai menggunakan telepon, bersalaman.
* Setelah main/memegang/memberi makan binatang peliharaan.
* Sehabis bepergian, main di luar rumah, berkebun, dan kegiatan lainnya.

Sekali lagi, jangan anggap remeh manfaat dahsyat mencuci tangan. Jangan pernah bosan pula mengingatkan anak untuk melakukannya, termasuk memberi contoh pada si kecil. Hanya dengan sekian detik mengorbankan waktu untuk cuci tangan, kita tak perlu buang-buang waktu (dan uang) karena harus terbaring di rumah sakit.

Cara tepat cuci tangan
1. Cuci tangan dengan air (akan lebih sempurna jika airnya hangat) yang mengalir dan gunakan sabun. Tak perlu harus sabun khusus antibakteri, namun lebih disarankan sabun yang berbentuk cairan.
2. Gosok tangan setidaknya selama 15-20 detik.
3. Bersihkan bagian pergelangan tangan, punggung tangan, sela-sela jari, dan kuku.
4. Gunakan tisu/handuk sebagai penghalang ketika mematikan keran air karena bagian itu sudah menjadi kotor saat Anda membuka/memutarnya ketika akan mencuci tangan.

Kepanjangan HTTP

(HyperText Transfer Protocol) adalah protokol yang dipergunakan untuk mentransfer dokumen dalam World Wide Web (WWW). Protokol ini adalah protokol ringan, tidak berstatus dan generik yang dapat dipergunakan berbagai macam tipe dokumen.

Pengembangan HTTP dikoordinasi oleh Konsorsium World Wide Web (W3C) dan grup bekerja Internet Engineering Task Force (IETF), bekerja dalam publikasi satu seri RFC, yang paling terkenal RFC 2616, yang menjelaskan HTTP/1.1, versi HTTP yang digunakan umum sekarang ini.

HTTP adalah sebuah protokol meminta/menjawab antara client dan server. Sebuh client HTTP seperti web browser, biasanya memulai permintaan dengan membuat hubungan TCP/IP ke port tertentu di tuan rumah yang jauh (biasanya port 80). Sebuah server HTTP yang mendengarkan di port tersebut menunggu client mengirim kode permintaan (request), seperti "GET / HTTP/1.1" (yang akan meminta halaman yang sudah ditentukan), diikuti dengan pesan MIME yang memiliki beberapa informasi kode kepala yang menjelaskan aspek dari permintaan tersebut, diikut dengan badan dari data tertentu. Beberapa kepala (header) juga bebas ditulis atau tidak, sementara lainnya (seperti tuan rumah) diperlukan oleh protokol HTTP/1.1. Begitu menerima kode permintaan (dan pesan, bila ada), server mengirim kembali kode jawaban, seperti "200 OK", dan sebuah pesan yang diminta, atau sebuah pesan error atau pesan lainnya.

Sejarah/Asal Mula WWW (World Wide Web)

Sejarah web bermula di "European Laboratory For Particle Physics (CERN)". Di Kota Geneva, dekat perbatasan Swiss dengan Prancis. CERN bukan suatu institusi Swiss, tetapi merupakan suatu organisasi yang didirikan oleh 18 negara di Eropa. Di bulan Maret 1989, tim burners dan peneliti lainnya dari CERN mengusulkan suatu protocol system distribusi di internet, yang memungkinkan buat semua anggotanya yang tersebar di seluruh dunia bisa saling berbagi informasi. Bahkan mereka bermimpi untuk berbagi informasi dalam bentuk grafik.

Web browser pertama dibuat dengan berbasiskan pada teks, (maklum, dulu komputer juga kan masih pake DOS). Penggunaannya, untuk menyatakan sebuah link, dibuat sebarisan nomor yang mirip dengan suatu menu. Pemakai mengetikkan suatu nomor untuk melakukan suatu navigasi di dalam web. Namun sayangnya, kebanyakan software-sofware tersebut dibuat untuk computer berbasis unix, nah, waktu itu pengguna Operating System berbasis GUI salah satunya Windows kebanyakan belum bisa menikmati protocol web ini.

Namun semua itu berubah, setelah munculnya Browser Mosaic dari NCSA (National Centre For Supercomputing Applications). Di bulan Mei 1993, Marc Andreesen dan beberapa anggota dari NCSA membuat Web Browser untuk System Windows yang berbasiskan grafik. Ini sangat mudah digunakan, daripada Web Browser yang berbasiskan teks. Dalam beberapa bulan aja, Mosaic udah menarik perhatian dari para pengguna lama maupun baru.

NCSA pun mengembangkan versi-versi Mosaic lainnya untuk computer berbasis unix, Windows, bahkan macintosh. Pada tahun 1994 Marc Andreesen meninggalkan Mosaic. Kemudia bersama Jim Clark, salah satu pendiri Silicon Graphics, membuat Netscape versi pertama. Kehadiran Netscape ini menggantikan kepopuleran Mosaic sebagai Web Browser dan bahkan sampai saat ini Netscape merupakan browser yang paling banyak digunakan selain Internet Explorer dari Microsoft.

Nah, pada tahun yang sama, CERN dan MIT mendirikan suatu Konsorsium yang dinamakan World Wide Web Consortium (wwwc) yang bertugas untuk membangun standar bagi teknologi web. Teknologi terakhir yang dikembangkan oleh konsorsium ini adalah HTML Version 3.2 dengan nama kode Wilbur, yang belum banyak diimplementasikan oleh kebanyakan browser. Salah satu browser yang udah menerapkan HTML 3.2 adalah Internet Explorer dari perusahaan Microsoft.

Nah, perkembangannya, saat masih berbasiskan teks, yang terdaftar hanyalah sekitar 50 website. Namun di akhir tahun 1995, jumlah ini telah berkembang hingga mencapai 300.000 website. Nah, di tahun 2005, diperkirakan udah mencapai 30 juta website yang terdaftar di seluruh dunia. Gak tau sampai sekarang.

Namun, semua itu dilakukan atau diadakan semata-mata untuk meningkatkan pengetahuan kita, dan mengikuti tuntutan zaman yang udah jadi zaman teknolgi informasi. Jadi, semua ini diciptakan bukan untuk hiburan atau malah penyimpangan semata. Namun semata-mata untuk meningkatkan dan memperluas pengetahuan kita. Jadi jangan diselewengkan atau dijadikan hal-hal yang negatif.

08 September, 2009

SMK Komputama Luncurkan Stasiun TV


Komputama Luncurkan Stasiun TV…???
Hai teman-teman Aa Uuh posting lagi nich…hehe..he..he.. ga bosen-bosennya nich Aa Uuh mau kasih kabar or informasi bwt temen-temen sekalian tentang mantan sekolah Aa Uuh yaitu SMK Komputama Majenang. Sebagai alumni yang berbakti pastilah aa Uuh ga akan melupakan sekolah yang telah menjadikan Aa Uuh menjadi orang yang berguna bagi masyarakat seperti sekarang ini.
Masih Ingat kan tentang sekolah SMK Komputama Majenang yang terkenal dengan ahli Komputer dan Bahasa Asing itu ?. Memasuki tahun ajaran baru (2009 - 2010) SMK Komputama Majenang ikut menjadi bagian dalam partisipasi tentang dunia pendidikan yang semakin maju. Buktinya di tahun ajaran baru ini SMK Komputama Majenang telah meluncurkan STASIUN TV BARU (Komputama TV). Setelah sebelumnya meluncurkan STASIUN RADIO. Ini merupakan sejarah baru dunia pendidikan di Majenang pada khususnya dan Cilacap pada umumnya. Stasiun TV ini rencananya akan menjadi wadah / ajang kreativitas murud-murid SMK Komputama Majenang, karena dengan akan dibukanya jurusan baru yaitu Komputer Animasi.

Ini semua berkat kerja keras Bpk. Drs. Fathul AminudinAziz, MM selaku Kepala Sekolah SMK Komputama Majenang yang sekaligus aktivis dalam yayasan PP EL-BAYAN. TV ini akan menjadi media dalam berbagai bidang. untuk memajukan Majenang khususnya, dan Cilacap pada umumnya ujar beliau.

Saya selaku alumni SMK Komputama Angkatan ke-2 (2008-2009) berharap :

1. Kepada Bapak Kepala Sekolah SMK Komputama terus memperjuangkan anak-anak yang tidak mampu (miskin) untuk terus sekolah
2. Kepada Guru SMK Komputama lebih menyayangi murid-muridnya dan tetap Professional
3. Kepada teman-teman seperjuangan jangan putus asa dan terus berkarya
4. Kepada adik-adik kelasku tetap optimis dalam menjalani hidup dan jangan nakal kepada orang tua dan guru-guru kalian.
5. Kepada sekolah ku tercinta SMK Komputama Majenang semoga menjadi BEST of THE BEST

Salam Sukses from Guguh Pribowo (Aa Uuh)

Alumni angkatan ke-2 tahun (2008-2009)

Sejarah Riwayat Musik Reggae


Tahun 1968 banyak disebut sebagai tahun kelahiran musik reggae. Sebenarnya tidak ada kejadian khusus yang menjadi penanda awal muasalnya, kecuali peralihan selera musik masyarakat Jamaika dari Ska dan Rocsteady, yang sempat populer di kalangan muda pada paruh awal hingga akhir tahun 1960-an, pada irama musik baru yang bertempo lebih lambat : reggae. Boleh jadi hingar bingar dan tempo cepat Ska dan Rocksteady kurang mengena dengan kondisi sosial dan ekonomi di Jamaika yang sedang penuh tekanan.

Kata “reggae” diduga berasal dari pengucapan dalam logat Afrika dari kata “ragged” (gerak kagok–seperti hentak badan pada orang yang menari dengan iringan musik ska atau reggae). Irama musik reggae sendiri dipengaruhi elemen musik R&B yang lahir di New Orleans, Soul, Rock, ritmik Afro-Caribean (Calypso, Merengue, Rhumba) dan musik rakyat Jamaika yang disebut Mento, yang kaya dengan irama Afrika. Irama musik yang banyak dianggap menjadi pendahulu reggae adalah Ska dan Rocksteady, bentuk interpretasi musikal R&B yang berkembang di Jamaika yang sarat dengan pengaruh musik Afro-Amerika. Secara teknis dan musikal banyak eksplorasi yang dilakukan musisi Ska, diantaranya cara mengocok gitar secara terbalik (up-strokes), memberi tekanan nada pada nada lemah (syncopated) dan ketukan drum multi-ritmik yang kompleks.

Teknik para musisi Ska dan Rocsteady dalam memainkan alat musik, banyak ditirukan oleh musisi reggae. Namun tempo musiknya jauh lebih lambat dengan dentum bas dan rhythm guitar lebih menonjol. Karakter vokal biasanya berat dengan pola lagu seperti pepujian (chant), yang dipengaruhi pula irama tetabuhan, cara menyanyi dan mistik dari Rastafari. Tempo musik yang lebih lambat, pada saatnya mendukung penyampaian pesan melalui lirik lagu yang terkait dengan tradisi religi Rastafari dan permasalahan sosial politik humanistik dan universal.

Album “Catch A Fire” (1972) yang diluncurkan Bob Marley and The Wailers dengan cepat melambungkan reggae hingga ke luar Jamaika. Kepopuleran reggae di Amerika Serikat ditunjang pula oleh film The Harder They Come (1973) dan dimainkannya irama reggae oleh para pemusik kulit putih seperti Eric Clapton, Paul Simon, Lee ‘Scratch’ Perry dan UB40. Irama reggae pun kemudian mempengaruhi aliran-aliran musik pada dekade setelahnya, sebut saja varian reggae hip hop, reggae rock, blues, dan sebagainya.

Jamaika

Akar musikal reggae terkait erat dengan tanah yang melahirkannya: Jamaika. Saat ditemukan oleh Columbus pada abad ke-15, Jamaika adalah sebuah pulau yang dihuni oleh suku Indian Arawak. Nama Jamaika sendiri berasal dari kosa kata Arawak “xaymaca” yang berarti “pulau hutan dan air”. Kolonialisme Spanyol dan Inggris pada abad ke-16 memunahkan suku Arawak, yang kemudian digantikan oleh ribuan budak belian berkulit hitam dari daratan Afrika. Budak-budak tersebut dipekerjakan pada industri gula dan perkebunan yang bertebaran di sana. Sejarah kelam penindasan antar manusia pun dimulai dan berlangsung hingga lebih dari dua abad. Baru pada tahun 1838 praktek perbudakan dihapus, yang diikuti pula dengan melesunya perdagangan gula dunia.

Di tengah kerja berat dan ancaman penindasan, kaum budak Afrika memelihara keterikatan pada tanah kelahiran mereka dengan mempertahankan tradisi. Mereka mengisahkan kehidupan di Afrika dengan nyanyian (chant) dan bebunyian (drumming) sederhana. Interaksi dengan kaum majikan yang berasal dari Eropa pun membekaskan produk silang budaya yang akhirnya menjadi tradisi folk asli Jamaika. Bila komunitas kulit hitam di Amerika atau Eropa dengan cepat luntur identitas Afrika mereka, sebaliknya komunitas kulit hitam Jamaika masih merasakan kedekatan dengan tanah leluhur.

Sejarah gerakan penyadaran identitas kaum kulit hitam, yang kemudian bertemali erat dengan keberadaan musik reggae, mulai disemai pada awal abad ke-20. Adalah Marcus Mosiah Garvey, seorang pendeta dan aktivis kulit hitam Jamaika, yang melontarkan gagasan “Afrika untuk Bangsa Afrika…” dan menyerukan gerakan repatriasi (pemulangan kembali) masyarakat kulit hitam di luar Afrika. Pada tahun 1914, Garvey mendirikan Universal Negro Improvement Association (UNIA), gerakan sosio-religius yang dinilai sebagai gerakan kesadaran identitas baru bagi kaum kulit hitam.

Pada tahun 1916-1922, Garvey meninggalkan Jamaika untuk membangun markas UNIA di Harlem, New York. Konon sampai tahun 1922, UNIA memiliki lebih dari 7 juta orang pengikut. Antara tahun 1928-1930 Garvey kembali ke Jamaika dan terlibat dalam perjuangan politik kaum hitam dan pada tahun 1929 Garvey meramalkan datangnya seorang raja Afrika yang menandai pembebasan ras kulit hitam dari penindasan kaum Babylon (sebutan untuk pemerintah kolonial kulit putih—merujuk pada kisah kitab suci tentang kaum Babylon yang menindas bangsa Israel). Ketika Ras Tafari Makonnen dinobatkan sebagai raja Ethiopia di tahun 1930, yang bergelar HIM Haile Selassie I, para pengikut ajaran Garvey menganggap Ras Tafari sebagai sosok pembebas itu. Mereka juga menganggap Ethiopia sebagai Zion—tanah damai bak surga—bagi kaum kulit hitam di dalam maupun luar Afrika. Ajaran Garvey pun mewujud menjadi religi baru bernama Rastafari dengan Haile Selassie sebagai sosok yang di-tuhan-kan

Pada bulan April 1966, karena ancaman pertentangan sosial yang melibatkan kaum Rasta, pemerintah Jamaika mengundang HIM Haile Selassie I untuk berkunjung menjumpai penghayat Rastafari. Dia menyampaikan pesan menyediakan tanah di Ethiopia Selatan untuk repatriasi Rasta. Namun Haile Selassie juga menekankan perlunya Rasta untuk membebaskan Jamaika dari penindasan dan ketidak adilan dan menjadikan Rastafari sebagai jalan hidup, sebelum mereka eksodus ke Ethiopia.

Tahun-tahun setelahnya kredo gerakan tersebut makin tersebar luas, yakni “Bersatunya kemanusiaan adalah pesannya, musik adalah modus operandinya, perdamaian di bumi seperti halnya di surga (Zion) adalah tujuannya, memperjuangkan hak adalah caranya dan melenyapkan segala bentuk penindasan fisik dan mental adalah esensi perjuangannya.” Ketika Bob Marley menjadi pengikut Rastafari di tahun 1967 dan setahun kemudian disusul kelahiran reggae, maka modus operandi penyebaran ajaran Rastafari pun ditemukan: reggae!
Terlahir dengan nama Robert Nesta Marley pada Februari 1945 di St. Ann, Jamaika, Bob Marley berayahkan seorang kulit putih dan ibu kulit hitam. Pada tahun 1950-an Bob beserta keluarganya pindah ke ibu kota Jamaika, Kingston. Di kota inilah obsesinya terhadap musik sebagai profesi menemukan pelampiasan. Waktu itu Bob Marley banyak mendengarkan musik R&B dan soul, yang kemudian hari menjadi inspirasi irama reggae, melalui siaran radio Amerika. Selain itu di jalanan Kingston dia menikmati hentakan irama Ska dan Steadybeat dan kemudian mencoba memainkannya sendiri di studio-studio musik kecil di Kingston.

Bersama Peter McIntosh dan Bunny Livingston, Bob membentuk The Wailing Wailers yang mengeluarkan album perdana di tahun 1963 dengan hit “Simmer Down”. Lirik lagu mereka banyak berkisah tentang “rude bwai” (rude boy), anak-anak muda yang mencari identitas diri dengan menjadi berandalan di jalanan Kingston. The Wailing Wailers bubar pada pertengahan 1960-an dan sempat membuat penggagasnya patah arang hingga memutuskan untuk berkelana di Amerika. Pada bulan April 1966 Bob kembali ke Jamaika, bertepatan dengan kunjungan HIM Haile Selassie I —raja Ethiopia– ke Jamaika untuk bertemu penganut Rastafari. Kharisma sang raja membawa Bob menjadi penghayat ajaran Rastafari pada tahun 1967, dan bersama The Wailer, band barunya yang dibentuk setahun kemudian bersama dua personil lawas Mc Intosh dan Livingston, dia menyuarakan nilai-nilai ajaran Rasta melalui reggae. Penganut Rastafari lantas menganggap Bob menjalankan peran profetik sebagaimana para nabi, menyebarkan inspirasi dan nilai Rasta melalui lagu-lagunya.

The Wailers bubar di tahun 1971, namun Bob segera membentuk band baru bernama Bob Marley and The Wailers. Tahun 1972 album Catch A Fire diluncurkan. Menyusul kemudian Burning (1973–berisi hits “Get Up, Stand Up” dan “ I Shot the Sheriff” yang dipopulerkan Eric Clapton), Natty Dread (1975), Rastaman Vibration (1976) dan Uprising (1981) yang makin memantapkan reggae sebagai musik mainstream dengan Bob Marley sebagai ikonnya.

Pada tahun 1978, Bob Marley menerima Medali Perdamaian dari PBB sebagai penghargaan atas upayanya mempromosikan perdamaian melalui lagu-lagunya. Sayang, kanker mengakhiri hidupnya pada 11 Mei 1981 saat usia 36 tahun di ranjang rumah sakit Miami, AS, seusai menggelar konser internasional di Jerman. Sang Nabi kaum Rasta telah berpulang, namun inspirasi humanistiknya tetap mengalun sepanjang zaman.

One Love! One Heart!
Lets get together and feel all right.
Hear the children cryin (One Love!);
Hear the children cryin (One Heart!)
(One Love / People Get Ready)

Dreadlock
Selain Bob Marley dan Jamaika, rambut gimbal atau lazim disebut “dreadlocks” menjadi titik perhatian dalam fenomena reggae. Saat ini dreadlock selalu diidentikkan dengan musik reggae, sehingga secara kaprah orang menganggap bahwa para pemusik reggae yang melahirkan gaya rambut bersilang-belit (locks) itu. Padahal jauh sebelum menjadi gaya, rambut gimbal telah menyusuri sejarah panjang.

Konon, rambut gimbal sudah dikenal sejak tahun 2500 SM. Sosok Tutankhamen, seorang fir’aun dari masa Mesir Kuno, digambarkan memelihara rambut gimbal. Demikian juga Dewa Shiwa dalam agama Hindu. Secara kultural, sejak beratus tahun yang lalu banyak suku asli di Afrika, Australia dan New Guinea yang dikenal dengan rambut gimbalnya. Di daerah Dieng, Wonosobo hingga kini masih tersisa adat memelihara rambut gimbal para balita sebagai ungkapan spiritualitas tradisional.

Membiarkan rambut tumbuh memanjang tanpa perawatan, sehingga akhirnya saling membelit membentuk gimbal, memang telah menjadi bagian praktek gerakan-gerakan spiritualitas di kebudayaan Barat maupun Timur. Kaum Nazarit di Barat, dan para penganut Yogi, Gyani dan Tapasvi dari segala sekte di India, memiliki rambut gimbal yang dimaksudkan sebagai pengingkaran pada penampilan fisik yang fana, menjadi bagian dari jalan spiritual yang mereka tempuh. Selain itu ada kepercayaan bahwa rambut gimbal membantu meningkatkan daya tahan tubuh, kekuatan mental-spiritual dan supernatural. Keyakinan tersebut dilatari kepercayaan bahwa energi mental dan spiritual manusia keluar melalui ubun-ubun dan rambut, sehingga ketika rambut terkunci belitan maka energi itu akan tertahan dalam tubuh.

Seiring dimulainya masa industrial pada abad ke-19, rambut gimbal mulai sulit diketemukan di daerah Barat. Sampai ketika pada tahun 1914 Marcus Garvey memperkenalkan gerakan religi dan penyadaran identitas kulit hitam lewat UNIA, aspek spiritualitas rambut gimbal dalam agama Hindu dan kaum tribal Afrika diadopsi oleh pengikut gerakan ini. Mereka menyebut diri sebagai kaum “Dread” untuk menyatakan bahwa mereka memiliki rasa gentar dan hormat (dread) pada Tuhan. Rambut gimbal para Dread iniah yang memunculkan istilah dreadlocks—tatanan rambut para Dread. Saat Rastafarianisme menjadi religi yang dikukuhi kelompok ini pada tahun 1930-an, dreadlocks juga menjelma menjadi simbolisasi sosial Rasta (pengikut ajaran Rastafari).

Simbolisasi ini kental terlihat ketika pada tahun 1930-an Jamaika mengalami gejolak sosial dan politik. Kelompok Rasta merasa tidak puas dengan kondisi sosial dan pemerintah yang ada, lantas membentuk masyarakat tersendiri yang tinggal di tenda-tenda yang didirikan diantara semak belukar. Mereka memiliki tatanan nilai dan praktek keagamaan tersendiri, termasuk memelihara rambut gimbal. Dreadlocks juga mereka praktekkan sebagai pembeda dari para “baldhead” (sebutan untuk orang kulit putih berambut pirang), yang mereka golongkan sebagai kaum Babylon—istilah untuk penguasa penindas. Pertengahan tahun 1960-an perkemahan kelompok Rasta ditutup dan mereka dipindahkan ke daerah Kingston, seperti di kota Trench Town dan Greenwich, tempat dimana musik reggae lahir pada tahun 1968.

Ketika musik reggae memasuki arus besar musik dunia pada akhir tahun 1970-an, tak pelak lagi sosok Bob Marley dan rambut gimbalnya menjadi ikon baru yang dipuja-puja. Dreadlock dengan segera menjadi sebuah trend baru dalam tata rambut dan cenderung lepas dari nilai spiritualitasnya. Apalagi ketika pada tahun 1990-an, dreadlocks mewarnai penampilan para musisi rock dan menjadi bagian dari fashion dunia. Dreadlock yang biasanya membutuhkan waktu sekitar lima tahun untuk terbentuk, sejak saat itu bisa dibuat oleh salon-salon rambut hanya dalam lima jam! Aneka gaya dreadlock pun ditawarkan, termasuk rambut aneka warna dan “dread perms” alias gaya dreadlock yang permanen.

Meski cenderung lebih identik dengan fashion, secara mendasar dreadlock tetap menjadi bentuk ungkap semangat anti kekerasan, anti kemapanan dan solidaritas untuk kalangan minoritas tertindas.

Siswa TKJ Liburan Ke Pangandaran


Hello….!!!!
Salam sejahtera buat teman-teman semua Saya mau berbagi pengalaman nih…kalau ga salah sih setelah UN 2009, tepatnya hari jum’at tanggal 24 April 2009 atau 4 hari setelah hari ulang tahun Saya uuh he..he…Saya dan teman-teman dari SMK Komputama pergi ke pangandaran, kami berangkat menggunakan sepeda motor kami terdiri dari 9 orang yang kebetulan satu jurusan yaitu anak TKJ.Tidak ketinggalan kami mempersiapkan segala sesuatunya dengan penuh perhitungan, mulai dari kelengkapan pribadi dan kendaraan. Kami berangkat dari Majenang sekitar pukul14.00, sepanjang perjalanan kami bercanda gurau hingga kami terlarut dalam indahnya sore hari diperjalanan.


Kami ga langsung pergi ke pangandaran, melainkan kami singgah dulu di salah satu teman kami yaitu di daerah padaherang. Kamipun bermalam disana, setelah menikmati perjalanan yang begitu melelahkan, kamipun bergegas tidur untuk memulai hari esok yang sangat indah. Tak terasa adzan subuh pun berkumandang, kebetulan saya bangun paling awal, sayapun langsung membangunkan teman-teman untuk bergegas bangun. Sehabis melaksanakan sholat shubuh, teman-temanpun mulai mempersiapkan segala sesuatunya untuk perjalanan ke pangandaran, akhirnya setelah sarapan pagi kami langsung bergegas berangkat kurang lebih pukul 06.30 pagi. Sepanjang perjalanan kamipun bernyanyi-nyanyi meluapkan kegembiraan..(aku mau kepantai melihat ombak dan sunshine) he…tak terasa mentaripun mulai bersinar mengiri perjalanan yang sangat menyenangkan. Hingga akhirnya kamipun tiba di kawasan bunderan (pintu masuk pantai pangandaran), disana salah satu teman kami mengalami insiden yang kurang mengenakan. Tapi alhamdulillah semuanya bisa diselesaikan dengan baik. Kamipun sampai di bibir pantai pangandaran yang katanya sejuk dan indah. Di pantai kamipun melihat lingkungan sekitar yang penuh dihiasi oleh bule-bule yang sedang berlibur. Tak ku sangka dan ku duga ternyata bule-bule itu sangat ramah, kamipun mulai bercanda gurau dengannya. Kamipun menikmati indahnya pantai pangandaran, mulai dari main bola di pantai, bermain ombak hingga kamipun naik perahu ke lokasi pantai putih.Tak ketinggalan kamipun pergi ke cagar alam, melihat gua-gua yang sangat indah. Setelah itu kamipun pergi berbelanja dengan sisi uang seadanya, tak ketinggalan sayapun membeli kenang-kenangan untuk my girlfriend tercinta. Setelah asyik menikmati indahnya pantai pangandaran, tak terasa matahripun mulai bergelincir kearah barat (sunset) kamipun bergegas pulang, sampai dirumah kurang lebih pukul 18.45. akhirnya pantai pangandaran telah kami taklukan. Pantai yang meninggalkan berbagai cerita yang indah dan menyenangkan. Sebenarnya masih banyak cerita yang lucu/unik yang belum bisa saya ceritakan disini. Ini hanya sebagai obat rindu suatu saat nanti ketika kami sudah mempunyai jalan hidup masing-masing. "Jika kita tua nanti kita tlah hidup masing-masing, Ingatlah Hari Ini"

Majenang Kota Kecil Proinvestasi


MAJENANG merupakan sebuah kota kecil yang berupa kecamatan di Kabupaten Cilacap. Tepatnya berada di kawasan Cilacap bagian barat. Posisi kota ini berbatasan sebelah timur dengan Kecamatan Cimanggu, sebelah barat dengan kecamatan Wanareja; sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Brebes (Salem) sedangkan sebelah selatan berbatasan dengan kecamatan Sidareja, Cipari. Kota kecil ini merupakan jalur tengah provinsi dan dijadikan jalur mudik.

Secara geografis kecamatan Majenang terdiri dari kawasan perkotaan dan pedesaan (pegunungan). Pluralitas ekonomi, budaya dan sosial berpadu menjadi satu. Pola akulturasi tersebut memberi kekayaan atau khazanah sebagai identitas suatu daerah.

Tak pelak Majenang memiliki berbagai potensi yang harus digali dan dikembangkan. Dengan demikian proses pemerataan pembangunan di daerah dapat terealisasi atau terwujud. Secara langsung itu berdampak pada tingkat kemakmuran rakyat dan akan terus mengalami kemajuan. Hal itu dapat dilihat tingkat perekonomian Majenang lebih menonjol dibanding daerah lain dalam kawasan Cilacap bagian barat (Dayeuhluhur, Wanareja, Karangpucung, Cimanggu, Sidareja, Cipari, Karangreja dan Patimuan).

Indikasi yang terlihat dari segi sarana dan infrastruktur yang tersedia. Majenang lebih unggul atau dominan. Ada diskusi seperti wacana pemekaran Cilacap. Karena itu Majenang menjadi kandidat ibu kota kabupaten. Hal ini berguna bagi kelancaran atau efektivitas pelayanan publik. Kendala sekarang yang ada berupa akses yang jauh menuju ibu kota Cilacap yang jauh. Ini juga berimbas terhadap biaya.
Dwibahasa Bahasa merupakan salah satu cara manusia untuk melakukan komunikasi atau interaksi dalam menjalani kehidupan. Bahasa juga dapat menjadi perekat kebersamaan atau persaudaraan. Majenang secara kultural terbagi menjadi dua bahasa. Sebelah utara jalan provinsi mayoritas penduduk menggunakan bahasa sunda (baik halus maupun kasar).

Bahasa Sunda halus identik dengan bahasa Jawa Barat sedangkan sunda kasar identik bahasa sunda Aing, Sia. Keberadaan bahasa ini terpelihara dengan baik. Pelestarian khazanah ini perlu melibatkan semua komponen warga mulai dari pemerintah sampai penduduk.

Keragaman bahasa ini tidak menjadikan pembeda tetapi memberi warna akan adanya budaya luhur warisan nenek moyang. Eksistensi bahasa ini harus menjadi magnet pemersatu kemajemukan penduduk.

Kekayaan atau potensi ekonomi yang ada di Majenang sangatlah banyak. Baik itu kekayaan berupa infrastruktur (sarana bisnis) maupun noninfrastruktur (kekayaan alam). Potensi minyak bumi yang sempat terdengar di Desa Sadabumi, Majenang perlu dikaji lebih dalam dan digali.

Hal ini secara tidak langsung akan memberi pemasukan kas daerah sehingga pembangunan akan cepat berjalan seiring modal yang besar pula. Selain itu Majenang terkenal sebagai kawasan bisnis yang menjanjikan di kawasan Cilacap bagian barat (Proinvestasi). Terlihat menjamurnya toko-toko swalayan (Laksana Baru Swalayan, Jogya Toserba, Labana,SE dan lain-lain) sampai tumbuhnya toko waralaba. Keadaan ini akan memberi kegiatan bisnis di Majenang akan bergeliat dan menjadikan kawasan ini pro invertasi.
Pendidikan Selain itu Majenang terdapat berbagai sarana sekolah mulai dari TK,SD,SMP,MTs,SMA,SMK,MA dan perguruan tinggi. Untuk tingkat SMP Majenang memiliki 5 SMP Negeri sedangkan banyak juga SMP Swasta seperti Muhamadiyah, Diponegoro,El-Bayan.

SMA Negeri ada 1 dan swasta seperti Purnama Muhamadiyah,Yos Sudarso, El-Bayan sedangkan SMK ada SMK Muhamadiyah, SMK Komputama , SMK Farmasi, SMK Diponegoro.

Selain itu ada sekolah setingkat D1 yaitu IMKI Majenang. Kesemuanya menggambarkan Majenang sebagai kota pendidikan yang unggul.

Dunia pendidikan tidak luput dari pembentukan karakter warga belajar. Pendidikan sebagai soko guru bangsa harus selalu kita tingkatkan agar generasi bangsa dapat tercipta dan membawa kemajuan bagi bangsa Indonesia. Pendidikan juga memerlukan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas. Tanpa SDM yang bagus mutu pendidikan akan mengalami stagnasi.

Berbagai potensi di atas perlu terus digali. Mari bersama kita promosikan kecamatan Majenang sebagai Kota proinvestasi yang menjanjikan. Semoga kota kecil ini menjadi pelopor kebangkitan perekonomian Cilacap bagian barat.

Majenang Kota Kecil Proinvestasi


MAJENANG merupakan sebuah kota kecil yang berupa kecamatan di Kabupaten Cilacap. Tepatnya berada di kawasan Cilacap bagian barat. Posisi kota ini berbatasan sebelah timur dengan Kecamatan Cimanggu, sebelah barat dengan kecamatan Wanareja; sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Brebes (Salem) sedangkan sebelah selatan berbatasan dengan kecamatan Sidareja, Cipari. Kota kecil ini merupakan jalur tengah provinsi dan dijadikan jalur mudik.

Secara geografis kecamatan Majenang terdiri dari kawasan perkotaan dan pedesaan (pegunungan). Pluralitas ekonomi, budaya dan sosial berpadu menjadi satu. Pola akulturasi tersebut memberi kekayaan atau khazanah sebagai identitas suatu daerah.

Tak pelak Majenang memiliki berbagai potensi yang harus digali dan dikembangkan. Dengan demikian proses pemerataan pembangunan di daerah dapat terealisasi atau terwujud. Secara langsung itu berdampak pada tingkat kemakmuran rakyat dan akan terus mengalami kemajuan. Hal itu dapat dilihat tingkat perekonomian Majenang lebih menonjol dibanding daerah lain dalam kawasan Cilacap bagian barat (Dayeuhluhur, Wanareja, Karangpucung, Cimanggu, Sidareja, Cipari, Karangreja dan Patimuan).

Indikasi yang terlihat dari segi sarana dan infrastruktur yang tersedia. Majenang lebih unggul atau dominan. Ada diskusi seperti wacana pemekaran Cilacap. Karena itu Majenang menjadi kandidat ibu kota kabupaten. Hal ini berguna bagi kelancaran atau efektivitas pelayanan publik. Kendala sekarang yang ada berupa akses yang jauh menuju ibu kota Cilacap yang jauh. Ini juga berimbas terhadap biaya.
Dwibahasa Bahasa merupakan salah satu cara manusia untuk melakukan komunikasi atau interaksi dalam menjalani kehidupan. Bahasa juga dapat menjadi perekat kebersamaan atau persaudaraan. Majenang secara kultural terbagi menjadi dua bahasa. Sebelah utara jalan provinsi mayoritas penduduk menggunakan bahasa sunda (baik halus maupun kasar).

Bahasa Sunda halus identik dengan bahasa Jawa Barat sedangkan sunda kasar identik bahasa sunda Aing, Sia. Keberadaan bahasa ini terpelihara dengan baik. Pelestarian khazanah ini perlu melibatkan semua komponen warga mulai dari pemerintah sampai penduduk.

Keragaman bahasa ini tidak menjadikan pembeda tetapi memberi warna akan adanya budaya luhur warisan nenek moyang. Eksistensi bahasa ini harus menjadi magnet pemersatu kemajemukan penduduk.

Kekayaan atau potensi ekonomi yang ada di Majenang sangatlah banyak. Baik itu kekayaan berupa infrastruktur (sarana bisnis) maupun noninfrastruktur (kekayaan alam). Potensi minyak bumi yang sempat terdengar di Desa Sadabumi, Majenang perlu dikaji lebih dalam dan digali.

Hal ini secara tidak langsung akan memberi pemasukan kas daerah sehingga pembangunan akan cepat berjalan seiring modal yang besar pula. Selain itu Majenang terkenal sebagai kawasan bisnis yang menjanjikan di kawasan Cilacap bagian barat (Proinvestasi). Terlihat menjamurnya toko-toko swalayan (Laksana Baru Swalayan, Jogya Toserba, Labana,SE dan lain-lain) sampai tumbuhnya toko waralaba. Keadaan ini akan memberi kegiatan bisnis di Majenang akan bergeliat dan menjadikan kawasan ini pro invertasi.
Pendidikan Selain itu Majenang terdapat berbagai sarana sekolah mulai dari TK,SD,SMP,MTs,SMA,SMK,MA dan perguruan tinggi. Untuk tingkat SMP Majenang memiliki 5 SMP Negeri sedangkan banyak juga SMP Swasta seperti Muhamadiyah, Diponegoro,El-Bayan.

SMA Negeri ada 1 dan swasta seperti Purnama Muhamadiyah,Yos Sudarso, El-Bayan sedangkan SMK ada SMK Muhamadiyah, SMK Komputama , SMK Farmasi, SMK Diponegoro.

Selain itu ada sekolah setingkat D1 yaitu IMKI Majenang. Kesemuanya menggambarkan Majenang sebagai kota pendidikan yang unggul.

Dunia pendidikan tidak luput dari pembentukan karakter warga belajar. Pendidikan sebagai soko guru bangsa harus selalu kita tingkatkan agar generasi bangsa dapat tercipta dan membawa kemajuan bagi bangsa Indonesia. Pendidikan juga memerlukan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas. Tanpa SDM yang bagus mutu pendidikan akan mengalami stagnasi.

Berbagai potensi di atas perlu terus digali. Mari bersama kita promosikan kecamatan Majenang sebagai Kota proinvestasi yang menjanjikan. Semoga kota kecil ini menjadi pelopor kebangkitan perekonomian Cilacap bagian barat.

Mimpi Adalah Bahasa Sandi Tuhan


Betulkah mimpi merupakan bahasa sandi dari Tuhan yang berkehendak untuk berkomunikasi dengan manusia? Jika demikian, apakah semua mimpi memiliki makna tertentu?

Banyak ragam pandangan orang mengenai mimpi. Ada yang mengatakan mimpi itu bunga tidur, mimpi dianggap sebagai harapan yang tidak kesampaian, bahkan ada yang beranggapan bahwa mimpi tidak memiliki arti. Ada pula yang menyatakan bahwa mimpi merupakan jalan utama atau jalan emas untuk memasuki dunia batin atau hati nurani kita.

Sejarah menemukan bahwa buku tafsir mimpi tertua telah ditulis tahun 1100 SM. Untungnya sebagian ilmuwan memiliki ketertarikan mengenai mimpi, sehingga antara lain berdiri Institut Carl Gustav Jung di Zurich, Swiss, yang mempelajari mimpi sehingga dapat dipahami secara ilmiah.

Menurut Wolfgang Bock, SJ, yang pernah belajar di Institut Jung tersebut, salah satu fungsi mimpi adalah mengangkat pikiran, khayalan,dan hasrat hati manusia yang dalam hidup sadar kurang diperhatikan. Karena itu, mimpi juga memiliki motif menyeimbangkan kondisi pribadi supaya kepribadian seseorang tidak tumbuh pincang.

"Suka atau tidak suka, mimpi itu mengingatkan Anda, supaya Anda mau melihat kebenaran. Kadang kebenaran itu ditayangkan dengan cara amat mengejutkan, supaya diperhatikan," tulis Bock dalam bukunya, Menafsir Mimpi, Bahasa Sandi Tuhan.

Mimpi juga menambah pengetahuan vital, agar kita dapat memperbaiki sikap terhadap seluruh kehidupan dan situasi nyata yang dihadapi, ungkap Bock lagi. Melalui mimpi, bawah sadar kita akan memainkan tugas membimbing dan merencanakan, guna memberi arah lebih baik kepada sikap dan pendirian pikiran alam sadar.

Alam pikiran sadar kita seringkali tidak mau atau tidak ingin memahami persoalan apa adanya. Namun, melalui mimpi, kemampuan kita untuk menipu diri dan berpura-pura akan dijungkir balikkan, sehingga kita dihadapkan pada keadaan yang sebenarnya.

Tepat apa yang dituliskan Pastor J. Darminta, Si, mimpi bisa mengungkapkan alam spriritual kita, kerinduan dan perjumpaan kita dengan Allah, alam kejiwaan kita dengan segala pergulatan-pergulatan hidup, serta peristiwa dan tindakan hidup kita sehari-hari.

Perlu dipahami, mimpi merupakan salah satu bentuk bahasa hidup, seperti halnya bahasa rasa, bahasa hati, bahasa budi, bahasa rohani, bahasa tubuh, dan sebagainya. Sejak zaman para nabi dulu mimpi telah diyakini sebagai salah satu cara Tuhan menyampai pesan.

Melalui mimpi, menurut Bock, Allah hendak bergaul dengan manusia dan menuangkan nilai-nilai baru, kekuatan, dan kasih sayang yang berlimpah ke dalam hati kita.

Perhatikan waktunya
Mengutip Darminta, SJ, ada tiga macam mimpi berdasarkan waktu menurut orang Jawa, yaitu:

1. Titi onyi (21.00-24.00).
Mimpi pada jam ini dapat dipahami tidak memiliki arti khusus, kecuali menunjuk pada pengaruh pengalaman hidup sebelum tidur. Biasanya isi mimpi berkaitan dengan peristiwa hidup yang terjadi sebelumnya atau sisa masalah ketika masih terjaga.

2. Gondo onyi (24.00-03.00).
Mimpi pada jam ini menunjuk pada kualitas kejiwaan kita dalam mengarungi kehidupan, menyingkapkan apa yang tersembunyi di dalam diri kita agar diketahui, diterima, diolah. Jika diketahui sebagai gangguan hendaknya segera dapat disingkirkan, namun jika dirasakan sebagai dukungan sebaiknya diterapkan dalam kehidupan.

3. Puspa tajam (03.00-06.00).
Mimpi pada jam ini diyakini mengungkapkan adanya keterlibatan Allah, dan kita ditantang untuk mengenal suara, ajakan, dan pesan kehadiran Allah.

Mendoakan mimpi
Karena mimpi merupakan bahasa simbol dari Tuhan, saran Wolfgang Bode, sebaiknya kita meresponnya secara tepat. Caranya:

* Buat judul.
Pilih kata-kata, biarkan judul itu muncul spontan. Bila perlu, tanya mimpi itu, "Judul mana yang kau inginkan?"

* Buat tema.
Catatlah teman pokok atau masalah utama yang muncul dalam mimpi Anda. Bila mimpi Anda memuat lebih dari satu tema, urutkan tema-tema itu menurut bobot yang Anda rasakan.

* Catat perasaan.
Perasaan manakah yang paling menonjol dan kuat dorongannya dalam mimpi itu? Jika ada beberapa perasaan yang muncul berturut-turut, catatlah semuanya.

* Panjatkan doa.
Bercakaplah dengan Tuhan mengenai teman dan perasaan Anda berkaitan dengan mimpi. Mintalah jawaban dari Tuhan mengenai makna dan pesan lewat mimpi tersebut.

* Kesempatan bersemadi.
Biarkan seluruh mimpi berikut tema, perasaan, dan orang-orang yang tampak di dalam mimpi berada bersama Anda. Pilih satu kata kunci dan resapkan melalui metode mantra (kata itu dihirup bersama helaan napas).

* Buat catatan.
Catatlah apa yang Anda alami selama menggumuli mimpi itu dalam suasana doa di hadapan Tuhan. Tuliskan cepat, tanpa menilai apa yang muncul. Anda dilatih terbuka pada pola baru dalam berpikir dan bertindak, sesuai apa yang muncul.

* Tinjau kembali.
Malam hari, baca dan tinjau kembali mimpi dan doa serta sahutan Anda terhadap mimpi itu. Perhatikan bagaimana semua itu membantu Anda menemukan makna dan petunjuk arah yang termuat dalam mimpi, supaya bisa memilih dan menjalankan pola hidup Anda.
Sumber : KOMPAS.com

06 September, 2009

Windows 7 Lebih Murah dari Vista


Microsoft kembali memberikan kabar baik, setelah mengabarkan akan memasarkan Windows 7 pada Oktober mendatang. Microsoft kembali membuat sumringah konsumennya dengan memberi harga lebih murah untuk Windows 7 dibandingkan harga Windows Vista yang dipasarkan sebelumnya.

Microsoft akan membandrol Windows 7 Home Premium versi upgrade, yang diminati kalangan non-bisnis, dengan harga 49,99 dolar Amerika Serikat, atau sekitar Rp 500 ribu, hingga tangga 11 Juli 2009. Setelah tanggal tersebut, untuk pre-order, harga akan naik menjadi 119,99 dolar AS atau sekitar Rp 1,2 juta. Harga Windows 7 ini 8 persen lebih murah dari Vista untuk versi yang sama, yang dibandrol 159,99 dolar AS atau sekitar Rp 1,6 juta.

Adapun untuk Professional Windows 7 versi upgrade akan dihargai 99,99 dolar AS atau sekitar Rp 1 juta hingga 11 Juli. Setelah itu akan naik menjadi 199,99 dolar AS atau Rp 2 juta. Ini berarti sama dengan harga Vista untuk versi yang sama.

Selain memberikan harga lebih murah untuk versi upgrade, full version Windows 7 juga akan mendapat harga yang lebih murah dibanding Vista. Microsoft akan menjual Windows 7 Home Premium full version seharga 199,99 dolar AS atau sekitar Rp 2 juta, 17 persen lebih murah dibanding Vista. Sedangkan Windows 7 untuk edisi Professional dan Ultimate akan dibandrol masing-masing 299,99 dolar AS dan 319,99 dolar AS. Harga ini sama dengan harga Vista.

Kabar gembira lain, Windows juga akan tersedia dalam bahasa yang lebih lengkap. Rencananya Windows 7 akan tersedia dalam 14 bahasa pada 22 Oktober, dan 21 bahasa pada 31 Oktober mendatang. Jika kabar gembira ini diikuti dengan performance Windows 7 yang yahud, sepertinya konsumen tidak perlu ragu-ragu merogoh dompetnya.

Tulisan Terakhir Buat Guru dan Sahabatku


(Alumni 2008 - 2009 Komputama)

Untuk Guruku :

Kuakui, aku salah menilaimu. Kaulah manusia berhati seribu. Selalu memanfaatkan kesalahan dan tak pernah lelah memperingati anak didikmu. Walau banyak yang pernah membencimu hingga muak dengan celotehmu, karena kami anggap itu palsu dan tak patut didengar.

Memang kau bukanlah orang sempurna bagaikan dewa, karena kau juga sesosok manusia biasa. Tapi bagiku kau sangatlah istimewa, karena kau dapat mengubah hidup manusia. Walau kita banyak perbedaan bagai surga dan neraka. Tapi kau selalu bercerita tentang tantangan hidup di dunia ini. Membongkar pagar pengadang demi meraih hidup yang lebih baik.

Kalian selalu bersatu memikul beban, selalu bersama dengan senyum ceria tanpa membedakan antara kita. Demi tugas yang berat yang kalian emban, kalian selalu berpegangan tangan melawan semua rintangan untuk mewujudkan semua angan dan impian yang terdapat di diunia rencana. Terima kasih guru. Hanya ini yang dapat saya berikan sebagai rasa dari segala rasa yang kurasa tak cukup bagimu.

Untuk Sahabatku :

Jika esok nanti aku bahagia/berduka, tetaplah disampingku
Jika esok aku bersalah, maklumi aku……….
Jika esok aku jatuh sakit, doakanlah aku………….
Dan jika esok aku t’lah tiada maafkan semua kesalahanku,
karena aku ngga tahu, kapan Tuhan akan memanggilku kembali,
sebelum itu terjadi aku ingin kamu tahu bahwa :
“Aku bahagia mempunyai sahabat seayik dan sebaik kamu”
Jangan pernah lupakan sahabatmu-sahabatmu……

Kami selalu senantiasa melawan hidup yang selalu berubah. Melepas semua sedih, duka, dan lara dengan melantunkan lagu penuh makna. Demi rasa setia kawan, kita selalu bersama untuk mewujudkan semua angan yang ada di masa depan. Buang semua akhir kepedihan kita, lempar kesedihan dalam jiwa, tertawalah dengan semua rasa, yakin semua mimpi ada di dekapan kita, bunuh keraguan dalam hati, bongkar amarah dengan semangat membara, karena kita selalu bersama memikul beban.

Walau kita berseberangan tak tampak mata, tapi ikatan persahabatan kita teramat bergetar menggugah semangat keyakinan yang penuh optimisme yang tak pernah hilang dari kerajaan hatiku. Ku tulis kata dalam hati dengan kesatuan kata dan rasa, perpaduan suara dan karya untuk menjadi suatu yang mempesona. Yang akan menggugah hati para insan manusia dengan sejuta impian. ”Jalani kisah baru dengan senyuman dari kalbu, lewati langit biru, dan lewati ombak berderu.”

SMK Komputama Gelar Wisuda Ke-2


Pada hari sabtu, 23 Mei 2009 SMK Komputama Majenang kembali mengadakan wisuda siswa-siswinya untuk yang kedua kalinya, dengan di ikuti 108 siswa kelas XII. Selain itu pada acara tersebut di hadiri para wali murid masing-masing, serta tamu undangan dari berbagai sekolah dan instansi-instansi negeri maupun swasta, tidak luput pula warga sekitar yang turut antusias melihat jalannya sesi wisuda dan pentas seni tersebut.
Acara dimulai pada pukul 08.00 WIB sampai selesai dengan susunan acara yang cukup padat, dimulai dengan pembukaan, sambutan-sambutan, penyematan samir (Inti Acara), hingga panggung hiburan (Theater PURBAYA, Band komputama, Dance)

wisuda dan pentas seni tersebut.
Acara dimulai pada pukul 08.00 WIB sampai selesai dengan susunan acara yang cukup padat, dimulai dengan pembukaan, sambutan-sambutan, penyematan samir (Inti Acara), hingga panggung hiburan (Theater PURBAYA, Band komputama, Dance)

dan acara lainnya yang tak kalah seru. Dalam acara wisuda ini para peserta dan guru merasa senang bercampur dengan sedih, karena sebentar lagi mereka akan berpisah dengan anak-anak didiknya yang sangat mereka cintai dan mereka banggakan. Anak-anak yang biasa mewarnai hari-harinya dengan kasih dan bimbingan walaupun kadang menjengkelkan kini mereka akan terbang mengepakan sayap-sayap kesuksesan, bagaikan kupu-kupu yang baru menetas dari larva. Tidak terasa 3 tahun kita lewati bersama, dengan penuh canda dan tawa, serta berbagai rintangan telah kita hadapi bersama.
Kalian selalu bersatu memikul beban, selalu bersama dengan senyum ceria tanpa membedakan antara kita. Demi tugas yang berat yang kalian emban, kalian selalu berpegangan tangan melawan semua rintangan untuk mewujudkan semua angan dan impian yang terdapat di didunia. Terima kasih guru. Hanya ini yang dapat saya berikan sebagai rasa dari segala rasa yang kurasa tak cukup bagimu.

Atas nama seluruh alumni Komputama angkatan ke-2 tahun 2008-2009

Created by Guguh Pribowo